Hampir 3 Tahun Tak Ada KBM di SDN 078505 Jeke Tanah Masa Nias Selatan

Foto: Serius Halu
Foto: Serius Halu

Nias Selatan-SuaraNusantara

Sekolah Dasar (SD) Negeri 078505 Jeke Tanah Masa sudah tiga tahun belakangan ini tidak ada aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM). Pasalnya kepala sekolah tidak pernah hadir karena telah dipindahtugaskan ke tempat lain. Akibatnya, sekitar 60 siswa di sana setiap hari terpaksa menumpang belajar di sekolah lain dengan menyeberang laut menggunakan perahu bermotor.

Menurut keterangan Serius Halu, Anggota DPRD Nias Selatan yang juga perwakilan dari Kepulauan Batu dan sekitarnya, banyak siswa yang bahkan tidak bisa pulang bila ombak sedang besar.

“Para siswa ini harus menantang lautan dan ombak ke sekolah barunya, karena tak ada KBM di SD Jeke. Bila cuaca buruk, mereka terpaksa bermalam di rumah famili yang ada di sekitar sekolah tersebut,” terang Serius Halu kepada SuaraNusantara via selular, beberapa saat lalu.

Serius Halu menjelaskan, awalnya kejadian ini ia dengar dari laporan masyarakat sekitar pertengahan bulan Desember 2017 lalu. Berdasarkan laporan masyakat itu, dia langsung meninjau ke lokasi SD 078505 Jeke Tanah Masa Nias Selatan pada 26 Januari 2018.

Serius Halu meminta Dinas Pendidikan Nias Selatan segera menempatkan tenaga PNS di SD 078505 Jeke Tanah Masa.

“Saya minta Dinas Pendidikan dapat menempatkan kembali PNS di sekolah (SD 078505 Jeke Tanah Masa) tanpa harus tanya dari mana asalnya (guru),” katanya.

“Saya juga berharap Pemda memberikan pendapatan yang meningkat pada guru-guru di Kepulauan Batu, karena wilayah ini adalah daerah gugusan  pulau terluar sehingga besaran gaji harus dibedakan dari (guru yang ada di) daratan kabupaten, agar mereka dapat semangat untuk mengajar,” harap Serius Halu.

Jumlah pengajar SD 078505 terpantau hanya ada satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan empat GTT (Guru Tidak Tetap). Sebenarnya ada lagi dua orang tenaga Guru Garis Depan (GGD), namun keduanya dikabarkan tidak pernah mengajar sejak SK penempatan mereka di SD 078505 Jeke Tanah Masa dikeluarkan.

Muncul pula sebuah pertanyaan, selama kurang lebih tiga tahun lamanya, dialirkan kemana Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah

Penulis: Wilson Loi