Jam Kerja Tidak Kenal Waktu, Menkes Imbau Insan Pers Jaga Kesehatan

Padang – SuaraNusantara

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau para jurnalis untuk rutin cek kesehatan. Sebab jam kerja insan pers yang tidak menentu disertai tekanan deadline, berpotensi menimbulkan penyakit.

“Para jurnalis diimbau untuk rutin cek kesehatan. Dua puluh persen itu penyakit dipengaruhi oleh perilaku. Ayo wartawan Indonesia jaga kesehatan,” kata Menkes saat meninjau stand pemeriksaan jantung yang digelar di lapangan parkir Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang,Jumat (9/2/2018).

Stand pemeriksaan jantung tersebut dikelola oleh Rumah Sakit M. Jamil dan Dinkes Prov. Sumatera Barat untuk memeriahkan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Stand terdiri dari 10 kamar pemeriksaan untuk pria dan wanita. Selain itu juga ada pemeriksaan untuk gula darah, jantung, kolesterol, dan tekanan darah.

Stand pemeriksaan ini buka selama tiga hari selama puncak perayaan HPN, terhitung sejak Rabu 7 Februari s/d Jumat 9 Februari. Selain perawat dan dokter umum, di stand ini juga ada dokter spesialis jantung,

Menkes Nila menyambut baik stand pemeriksaan ini sebagai bentuk deteksi dini. “Saya kira ini satu hal yang baik menggugah masyarakat agar sadar bahwa ternyata umumnya orang ada  hipertensi,” kata Nila.

Lebih dari 600 orang telah memeriksakan kondisi jantungnya ke stand pemeriksaan jantung ini. Namun penyakit yang terdeteksi sebagian besar justru bukan sakit jantung.

30% dari warga yang memeriksakan diri ternyata malah terdeteksi menderita hipertensi (darah tinggi), dan 10% mengidap diabetes (kencing manis). Meski begitu, baik hipertensi maupun diabetes bila tidak ditangani secara medis berpotensi merusak jantung di kemudian hari.

Penulis: Cipto