KPK Tangkap Bupati Subang Imas Aryumningsih

Foto: Yono D

Jakarta-SuaraNusantara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Subang Imas Aryumningsih, Rabu (13/22/2018) dini hari tadi. Dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut, total diamankan 8 orang, termasuk kepala daerah di Subang, kurir, swasta dan unsur pegawai setempat.

“Iya ada giat (kegiatan OTT) di Subang,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (14/2/2018).

Belum diketahui secara pasti kasus yang menjerat Imas Aryumningsih. Menurut Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, KPK akan menyampaikan secara lengkap dalam jumpa pers.

“Betul ada kegiatan KPK semalam dan pagi dini hari tadi. Lengkapnya tunggu pengumuman resmi dari KPK,” katanya.

Namun Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menuturkan dari identifikasi awal transaksi diduga terkait dengan kewenangan perizinan.

Saat ini, delapan orang yang diamankan telah berada di kantor KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Imas sebelumnya merupakan Wakil Bupati Subang. Dia dilantik menjadi bupati lantaran Bupati Subang Ojang Sohandi ditangkap KPK pada 2016. Imas merupakan politikus Partai Golkar.

Dalam pilkada serentak 2018, Imas kembali mencalonkan diri. Dia berpasangan dengan Sutarno yang merupakan pensiunan TNI dalam gelaran Pemilihan Bupati Subang 2018.

Pada situs infopemilu.kpi.go.id, pasangan Imas-Sutarno menjadi satu dari tiga pasangan yang sudah ditetapkan KPU sebagai pasangan calon. Imas-Sutarno mendapat nomor urut dua.

Penulis: Yono D