KCUM Berkembang Pesat dalam Satu Dasawarsa

HUT KCUM ke 10Depok | Suara Nias

Koperasi Cipta Usaha Mandiri (KCUM) sudah 10 tahun berdiri dan membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Padahal, di masa awal berdiri, koperasi ini hanya memiliki 7  anggota.

“KCUM ini awal berdiri hanya berangotakan 7 orang, namun berkat kekompakan dan dukungan semua pihak, lama kelamaan jumlah anggota bertambah dan dibuka untuk umum hingga sampai  saat ini mencapai 361 anggota aktif,” ujar Ketua Umum KCUM, Noverli Daeli, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Noverli Daeli yang biasa disapa Ama Lince ini, tujuan didirikannya KCUM adalah untuk membantu pemerintah dalam membangun ekonomi kerakyatan, khususnya ekonomi menengah ke bawah dalam bentuk permodalan yang wajib dikembalikan anggota secara cicilan ke kas KCUM dan sisa hasil usaha akan dibagikan kembali kepada anggota. Selain itu, KCUM juga membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat melalui pelatihan dan seminar.

Meski perkembangan KCUM terbukti sangat pesat dalam kurun satu dasawarsa terakhir, namun Noverli Daeli tak mau berpuas diri. Dia berharap berharap kepada seluruh pengurus KCUM agar tetap mengoptimalkan pelayanan kepada seluruh anggota. “Kekompakan dan kebersamaan adalah modal utama kita untuk mencapai kesuksesan bersama,” tegasnya.

KCUM sendiri baru saja merayakan HUT ke-10 di Viladatika Gedung Pandan Sari, Cibubur, Jakarta Timur (23/7/2015) lalu. Acara tersebut dihadiri sekitar 2.000 orang dan diramaikan oleh penampilan Trio Haga dan Somasi Band. Namun menurut Ketua Panitia HUT KCUM, Fanohugo Daeli, sebelum acara puncak tersebut, KCUM sudah mengadakan berbagai turnamen olahraga sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari jadi mereka, antara lain turnamen futsal, badminton dan catur yang diikuti puluhan klub di Jabodetabek – Bandung.

Faduhusi Daeli,S.Pd, tokoh masyarakat Nias sekaligus bakal calon Bupati Nias Barat menilai KCUM memiliki sistem dan pengelolaan manajemen yang bagus sehingga perlu dikembangkan ke daerah lain termasuk kepulauan Nias. “KCUM bisa menjadi penggerak cepat laju ekonomi di Pulau Nias. Saya sangat mendukung dan mengimbau pemimpin-pemimpin daerah di Pulau Nias untuk menanam saham di KCUM ini, karena manfaatnya sudah nyata dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara Dr. Era-Era Hia. SE.MM yang sehari-harinya aktif sebagai Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Tangerang, sekaligus sebagai Penasehat KCUM mengharapkan KCUM tetap konsisten menjunjung tinggi kepercayaan seluruh anggota dan bisa bersaing sehat dengan organisasi bisnis koperasi lainnya yang ada di Jabodetabek – Bandung. (indonias)