Danlanal Nias Komit Berantas Penimbunan BBM Subsidi

Danlanal Nias

Nias Selatan-SuaraNusantara.com

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Nias (DanLanal) Kolonel Laut Ivan Gatot Priyanto, SE  melakukan klarifikasi terkait pemberitaan sejumlah media massa terkait keterlibatan oknum TNI AL diduga melakukan penimbunan BBM Subsidi untuk dijual ke Sibolga.

Dalam keterangan Persnya, Selasa, (1/9), Dan Lanal Nias Kolonel  Ivan didampingi Palaksa Lanal Letkol Laut Tio  Togap Pasaribu, Kapolres Nisel AKBP Robert Da Costa, SIK MH, Dan  Den Pomal Nias  Mayor  Laut (PM) Heri Rahardjo, Kasat Intel Polres Nisel AKP Lengkap Siregar mengungkapkan bahwa Oknum TNI AL yang terlibat sebagai pelaku penimbunana BBM adalah tidak benar. oknum Berinisial S hanya diminta oleh  pemilik BBM Subsisdi untuk mengurus praktek ilegal itu.

“jadi tidak  benar jika ada anggota saya melakukan penimbunan BBM Subsidi. Namun memang benar ada salah seorang oknum anggota kita berinisial S yang diminta pemilik BBM Subsidi untuk melakukan pengurusan. Saat ini, anggota kita itu sedang diproses oleh Pomal sesuai aturan hukum yang berlaku. Artinya, kita tidak pernah memback up atau membela jika ada anggota kita melanggar hukum. Saya tetap komit untuk menegakkan aturan yang berlaku termasuk terhadap anggota TNI AL Nias yang melanggar aturan,”tegasnya.

Dia juga menegaskan akan selalu berkomitmen untuk memberantas praktek-praktek penimbunan BBM Subsidi. Pasalnya, BBM subsidi merupakan hak masyarakat. “BBM Subsidi adalah hak masyarakat. Jadi, BBM subsidi yang sudah diamankan saat pemeriksaan oleh Polres Nisel pada Sabtu malam (21/08) sebanyak 45 drum akan dikembalikan kepada pemiliknya. soalnya itu hak masyarakat,”pungkasnya.

Sebagai bentuk komitmen pihak TNI AL Nias dan Polres Nisel dalam memberantas penimbunanan BBM Subsidi, pada selasa malam, (1/09) sekitar pkl.21.00 wib hingga pkl.22.30 wib, puluhan anggota Polres Nisel dan TNI AL menggelar pemeriksaan isi truk-truk  baik truk yang sudah ada di kapal pengangkut barang Jayanti  maupun terhadap truk-truk yang masih berada diluar sekitar pelabuhan baru Telukdalam. pantauan Wartawan dilapangan, tim gabungan, memeriksa satu persatu isi truk sekaligus mengecek faktur bon isi truk. pemeriksaan berlangsung lancar dan pada pemeriksaan itu tidak ditemukan BBM Subsidi dan barang- barang ilegal lainnya.

Sebagai pimpinan pemeriksaan dari Polres Nisel adalah AKP DES.R. Jaya Hia, SE, sedang komandan tim dari TNI AL Nias yakni Kapten Laut Ahmad Sofyan yang juga sebagai Pasi Ops. Lanal Nias.  Usai pemeriksaan, komandan tim dari Polres Nisel AKP Des. R. Jaya Hia dan komandan tim dari TNI AL saat diwawancarai wartawan mengatakan,  kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polres Nisel dan TNI AL Nias dalam memberantas Penimbunanan BBM Subsidi atau barang-barang terlarang lainnya.  “hal ini juga akan dilakukan secara berkesinambungan,”jelas mereka. sebelum menggelar  pemeriksaan, tim gabungan mendapat arahan dari Dan Den Pomal Mayor  Laut  (PM) Heri Rahardjo. (EZ)