Kapolres Nisel Pimpin Upacara Gelar Pasukan Pengaman Pilkada

Nias Selatan-SuaraNusantara.com

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di Nias Selatan selama masa Pilkada bulan Desember mendatang,  Pasukan Pengamanan Pilkada yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol -PP, dan Dishub mengadakan upacara Gelar Pasukan di Lapangan Orurusa Telukdalam, Rabu pekan lalu. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Nisel AKBP Robert Da Costa, SIK MH, dan Ipda Pol. R. Naibaho menjadi Komandan Upacara.

Gelar pasukan itu ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita kepada perwakilan masing-masing pasukan pengamanan oleh  Kapolres AKBP Robert Da Costa. Kapolres juga membacakan amanat Kapoldasu yang intinya menyebutkan gelar pasukan tersebut sangat penting dilakukan guna mengecek kesiapan  setiap personil pengamanan Pilkada. “Poldasu akan habis-habisan mengamankan jalannya Pilkada di Sumatera Utara. Sebanyak 12.149 personil pasukan diterjunkan untuk mengamankan Pilkada tahun ini, ” ujar Kapoldasu sebagaimana dibacakan oleh Kapolres.

Kapoldasu juga berpesan kepada semua unsur masyarakat di Sumut untuk mewujudkan komitmen bersama dalam mensukseskan Pilkada secara jujur, adil, aman dan tertib, sehingga situasi kamtibmas dapat terjaga. Dia juga meminta  TNI/POLRI tetap netral selama pelaksanaan Pilkada di Sumatera Utara.

Usai gelar pasukan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh 3 pasang calon Bupati Nisel. Ketiga pasangan Calon Bupati Periode 2016-2021 itu yakni, Pasangan nomor 1 Lianus Ndruru, ST MM-Tomas Dakhi, SH (LINMAS), nomor 2 pasangan Idealisman Dachi- Siotarai Zokho Gaho (IDEAL-SIGA), dan pasangan nomor urut 3 adalah, DR. Hilarius Duha, SH MH-Sozanolo Ndruru (HD-SANOLO). Selain ketiga pasangan tadi, hadir pula  Plt. Sekda Foarota Laoli, SE MH, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S.Sos, Wakapolres Nisel Kompol Yafao Harefa, SH, Para Kabag, Kasat, perwira Polres Nisel, Paspotmar Kapten L (KH) Umar, para tokoh masyarakat, agama, pemuda, ormas, dan LSM. (Edi)