Jalan Propinsi di Kecamatan Toma Kabupaten Nisel Rusak Parah

Foto: Edi Zebua
Foto: Edi Zebua
Foto: Edi Zebua

Nias Selatan – SuaraNusantara.com

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diduga kurang memberi perhatian kepada jalan provinsi di Kabupaten Nias Selatan, sehingga sejumlah ruas jalan provinsi (jalan negara-Red) dalam kondisi rusak parah. Hingga saat ini belum ada pihak terkait yang melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut.

Sebelumnya,  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumatera Utara pernah melakukan perbaikan, namun hasil kerja yang dilakukan sangat mengecewakan, karena terkesan dikerjakan asal-asalan dan malah menimbulkan bahaya bagi pengendara kendaraan bermotor, sebab badan jalan yang ditambal menjadi bergelombang.

Seorang warga, Ismael Harita menyebutkan, akibat jalan yang tidak rata dan dipenuhi lubang, sudah beberapa kali terjadi kecelakaan. Dia berharap supaya PU Povinsi segera melakukan perbaikan, selain itu, perbaikan yang dilakukan jangan asal jadi, sebab biaya pemeliharaan jalan itu sudah dianggarkan dari APBN atau bisa juga dari Dana Bagi Hasil (DBH).

“Selama ini, rehabilitas jalan provinsi, khususnya di wilayah Kecamatan Toma, paling lama satu bulan setelah dikerjakan, aspal kembali terkupas,” kata Ismael.

Kadis PU Kabupaten Nias Selatan, Yusuf Nache, ST, MM, saat dimintai tanggapannya menyebutkan, yang bertanggungjawab untuk menangani perbaikan jalan tersebut adalah pihak PU Provinsi, sebab itu adalah jalan Negara. (Edi)