Upacara HUT TNI Ke-70 di Nisel Berlangsung Sederhana

Danlanal Nias Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanti | Foto: Edi Zebua
Danlanal Nias Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanti | Foto: Edi Zebua
Danlanal Nias Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanti | Foto: Edi Zebua

Nias Selatan-SuaraNusantara.com

Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-70 di Kebupaten Nias Selatan dilaksanakan di Markas Komando Angkatan Laut (Mako Lanal) Nias, Kompleks Baloho Indah Teluk dalam, Senin (5/10) kemarin.  Upacara yang berlangsung hikmat dan sederhana itu dipimpin oleh Komandan Angkatan Laut Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanto, SE selaku inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara dipegang oleh Dan Ramil Telukdalam.

Dalam amanat tertulis Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanto, dikatakan TNI bisa menggunakan momentum di ulang tahunnya yang ke-70 untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Kemudian presiden juga menyampaikan apresiasi pada tema HUT ke-70 TNI,  yakni “Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

“Sebagai Tentara Rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat, TNI tidak boleh menyakiti rakyat, TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat, TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat, serta harus selalu bersama-sama rakyat. Bersama rakyat, TNI akan menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan militer yang diperhitungkan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanto sebagaimana amanat presiden yang dibacakannya.

Usai upacara dilaksanakan, acara syukuran HUT TNI ke-70 digelar di Aula Makolanal. Dalam acara yang berlangsung akrab tersebut hadir seluruh unsur muspida. Hadir pula Kapolres Nisel AKBP Robert Da Costa, SIK, MM, Sekda Kab Nisel Foarota Laoli, para SKPD dan seluruh perwira TNI AL dan TNI AD.

Dalam kesempatan itu, tak lupa  Kolonel (P) Ivan Gatot Priyanto selaku Komandan Lanal Nias menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Nias Selatan yang memberikan dukungan terhadap kehadiran Mako Lanal Nias.

“Selama ini, TNI AL dalam menjalankan tugas di Nias Selatan belum menemui kendala. Hanya saja kita masih mengalami keterbatasan peralatan, namun sampai saat ini masih didukung oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” ungkapnya kepada wartawan usai acara syukuran.  (Edi)