219.889 Surat Suara Pilkada Nisel Tiba di KPU

Surat suara kpu nisel 2015

Nias Selatan-SuaraNusantara.com

Sebanyak 219.889 surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Selatan tahun 2015 tiba di gudang KPU Nias Selatan, Jalan Sudirman, Telukdalam, Senin (16/11). Kedatangan surat suara ini disaksikan oleh KPU Nias Selatan, Panwaslih Nias Selatan, Kapolres Nias Selatan dan tim penghubung dari masing-masing Paslon.

Dijelaskan Komisioner KPU Nias Selatan Divisi Logistik Ekarius Rane Zalogo, surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Selatan tahun 2015 dicetak oleh PT Pura Barutama Kudus. Sebeum dicetak, sambung Ekarius, pihaknya bersama Panwaslih Kabupaten Nias Selatan dan Pihak Polres Nias Selatan terlebih dahulu melakukan kunjungan ke percetakan untuk memastikan kesiapan dan kelayakan mesin cetak.

Menurut Ekarius, mulai dari proses mencetak hingga pelipatan kertas suara mendapat pengawalan dari pihak KPU Nias Selatan, Panwaslih Nias Selatan dan Polres Nias Selatan. Bahkan pengiriman surat suara mulai dari Kudus hingga ke Nias Selatan dikawal oleh Kasat Intel Polres Nias Selatan AKP Lengkap Siregar bersama anggotanya.

“Setelah tiba di Nias Selatan, selanjutnya surat suara tersebut disortir dan dihitung, kemudian didistribusikan ke kecamatan-kecamatan sesuai jumlah pemilih,” kata Ekarius.

Di tempat terpisah, Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa mengatakan, pihaknya tetap komit terhadap keamanan Pilkada Nias Selatan. Untuk itu, personil Polres Nias Selatan telah ditugaskan untuk menjaga gudang KPU yang berisi surat suara tersebut.

“Saya sudah lihat keadaan gudangnya, ya lumayan aman. Kemudian saya juga sudah minta kepada Ketua KPU supaya di gudang dipasang CCTV untuk memudahkan pemantauan hal-hal yang tidak diinginkan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Itu sedang dipikirkan Ketua KPU,” terangnya. (Edi)