Lanal Nias Laksanakan Opster Dawilhan dan Komsos

Lanal Nias okey

Nias Selatan- SuaraNusantara.com

Pangkalan TNI AL (LANAL) Nias melaksanakan Operasi Teritorial Terpadu Pemberdayaan Wilayah Pertahananan Komunikasi Sosial (Opster Dawilhan dan Komsos) TNI Ta 2015 sebagai implementasi dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dipusatkan di Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, tanggal 9 s/d 23 November 2015.

Opster Dawilhan dan Komsos TNI bertemakan, “Melalui Operasi Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di Daerah oleh Aparat Teritorial TNI dan Bekerja Sama Lintas Sektoral dengan Instansi Terkait Terciptanya Kemanunggalan TNI-Rakyat dan meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” ini dibuka oleh Danlanal Nias, Ivan Gatot Prijanto, SE, di Mako Lanal Nias, kemarin.

Dalam amanatnya, dia menjelaskan penyelenggaraan Opster Dawilhan dan Komsos TNI  pada hakekatnya bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan, mendukung percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat serta menyiapkan aspek geografi, demografi dan kondisi sosial menjadi ruang alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

Lebih lanjut dikatakan, sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan kehidupan sosial masyarakat serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara.

“Opster Dawilhan terpadu yang melibatkan 100 personel gabungan TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat ini juga diisi dengan kegiatan pembuatan sarana prasarana lapangan olah raga sepak bola di Kecamatan Telukdalam yang dilengkapi sarana jogging track untuk umum,” paparnya.

Beberapa kegiatan lainnya seperti pengecetan masjid dan gereja di Kecamatan Luahagundre Maniamolo dan Kecamatan Fanayama, kemudian sunat massal gratis untuk 50 anak, penyuluhan ibu-ibu dan penyuluhan hukum kepada masyarakat nelayan serta penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa SMK Pelayaran, SMA Taruna Siga dan siswa pramuka Saka Bahari Lanal Nias. (Edi)