Aparatur Pemerintahan Desa di Nisel Diberi Pelatihan Pengelolaan Keuangan

Bimtek aparatur desa niselNias Selatan-SuaraNusantara.com

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Nias Selatan. Pelatihan selama selama lima hari,  mulai Senin (16/11) sampai Jumat (20/11) ini digelar di beberapa tempat di Gunungsitoli.

Pantauan wartawan  di Gunungsitoli, Senin (16/11), di Hotel Mega Nasional ada dua kecamatan yang mengikuti pelatihan tersebut, yakni Kecamatan Mazino dan Kecamatan  Susua. Pada Senin itu juga, pihak panitia melakukan registrasi peserta dan kegiatan pelatihan baru dilakukan pada Selasa (17/11). Materi pelatihan diberikan oleh Riman Krisman Harefa  dari  Tapem Nias Utara dan Yuniba  Bago dari BPKAD Nias Barat.

Dalam pelatihan tersebut, narasumber memaparkan tentang manajemen pemerintahan desa sesuai UU Desa No. 6 Tahun 2014, PP 43 Tahun 2014  dan Permendagri  no.113 tahun 2014. Di samping itu,  juga disampaikan tata cara  perencanaan pembangunan  desa, pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan pengelolaan keuangan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Lalu, pihak narasumber juga memaparkan tentang tata cara penyusunan  peraturan desa.

Di sela-sela penyampaian materi, tim monitoring dari Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintahan Desa Provinsi Sumatera Utara Efendi Siregar mengharapkan seluruh peserta agar  mengikuti pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga para aparatur desa tidak terjerat hukum di kemudian hari, terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa. (Edi)