Menteri Rizal Ramli Kepincut Bangun Kepulauan Nias

Menteri Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memimpin rapat pertemuan dengan lima kepala daerah se-Kepulauan Nias | Foto: Mario
Menteri Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memimpin rapat pertemuan dengan lima kepala daerah se-Kepulauan Nias | Foto: Mario
Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memimpin rapat pertemuan dengan lima kepala daerah se-Kepulauan Nias. Turut hadir tokoh masyarakat Nias Yasonna H. Laoly dan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Marinus Gea | Foto: Mario

Jakarta – SuaraNusantara.com

Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) memfasilitasi pertemuan lima kepala daerah se-Kepulauan Nias dengan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (14/7/2016). Pertemuan itu dihadiri tokoh masyarakat Nias Yasonna H. Laoly dan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Marinus Gea.

Dalam pertemuan itu, Menteri Rizal Ramli menyatakan kesiapannya mendukung pembangunan Kepulauan Nias dengan membentuk tim, yang dalam waktu dekat akan mengunjungi Nias untuk melihat secara langsung berbagai potensi dan persoalan yang dihadapi selama ini. Tim tersebut nantinya terdiri dari perwakilan Perusahaan Listrik Negara (PLN), Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan perwakilan dari maskapai penerbangan Citilink.

Kehadiran Menteri Rizal Ramli dan tim sekaligus menghadiri dan membuka even Pesta Ya’ahowu, yang dijadwalkan digelar pada 17 September 2016 di Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan.

“Saya tidak mau hanya hadir melihat festival. Sebelum kesana tim sudah mempersiapkan apa yang bisa dilakukan. Kita putuskan apa yang bisa dilakukan untuk Nias. Saya minta pemerintah daerah mempersiapkan masterplan,” kata Rizal Ramli.

Menurut Menteri Rizal Ramli, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Nias tidaklah terlalu sulit, mengingat jumlah penduduknya di bawah 1 juta jiwa, “Yang diperlukan adalah strategi dan visi yang jelas,” ujarnya.

Untuk itu, Menteri Rizal Ramli berencana mengkombinasi potensi pariwisata yang dimiliki Kepulauan Nias dengan potensi perikanan melalui pendirian industri perikanan. Kombinasi pariwisata dengan perikanan akan menjadi motor penggerak peningkatan perekonomian masyarakat di Kepulauan Nias. (MH)