Desa Online, Aplikasi Gratis untuk Desa

Info Grafis: Net
Info Grafis: Net

Jakarta – SuaraNusantara

Aplikasi Desa Online menjadi salah satu Nawa Kerja Prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejalan dengan agenda prioritas pembangunan dalam konsep Nawa Cita Presiden dan Wakil Presiden, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara kesatuan.

Aplikasi Desa Online yang dibangun dan diresmikan pada tahun 2015 adalah aplikasi berbasis web yang menjadi gerbang untuk masuk ke masing-masing website Desa Online. Portal Desa Online berisi peta sebaran website desa online, konten agregasi kegiatan desa, dan konten agregasi produk unggulan desa.

Melalui desa online, dapat menjadi paguyuban seluruh desa yang sudah tergabung dalam portal desa online. Desa juga dapat menginformasikan kegiatan pemanfaatan penggunaan dana desa. Selain itu desa juga dapat mempromosikan produk atau potensi yang terdapat pada desa tersebut sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Website Desa Online menampilkan informasi mengenai desa dan konten yang ditampilkan meliputi profil desa, kegiatan desa, produk unggulan desa, peta desa, statistik desa, perundangan desa, dan informasi lainnya.

Untu informasi dan pendaftaran desa online dapat mengunjungi portal http://desa.kemendesa.go.id/. (Net)