Agar Tak Ada Kecurangan Pilkada, Komisi III Minta Aparat Negara Independen

Habib Aboe Bakar Al Habsyi
Habib Aboe Bakar Al Habsyi (Foto: Youtube)

Jakarta-SuaraNusantara

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi meminta seluruh aparat kepolisian tetap mengedapankan sikap independen terlebih saat melakukan pengamanan Pilkada 2017, Rabu besok (15/2/2017).

Ia mengingatkan agar tak ada kecurangan dalam gelaran Pilkada, aparat kepolisian dan aparat negara lainnya harus menjaga netralitas di masing-masing lembaga.

“Kami berharap Polri, TNI, BIN netral. Tidak berpihak dan tidak merusak disiplin serta etika keprajuritan dan kepolisian,” kata Aboe Bakar, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, proses pengamanan TPS serta pengawalan surat suara terbilang sangat rawan terjadi kecurangan.

“Aparat harus tetap netral, agar kondisi tetap aman dan kondusif. Aparat kepolisian merupakan alat negara, sehingga jangan mau dijadikan alat kekuasaan,” ujar dia.

Untuk itu, ia mendorong aparat kepolisian untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan dengan kepentingan kelompok, walaupun harus berhadapan dengan penguasa.

“Karena pada saatnya nanti semua akan berubah. Hanya aparat yang berpihak kepada rakyatlah yang terus ada dan diingat,” pungkas Aboe Bakar. (Has)