Sidang Kasus Korupsi e-KTP Akan Dipimpin Hakim Ketua John Halasan

Ruang sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang akan digunakan Kamis besok (Foto: Hasbullah)
Ruang sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang akan digunakan Kamis besok (Foto: Hasbullah)

Jakarta – SuaraNusantara

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat telah mempersiapkan nama-nama majelis hakim yang akan memimpin sidang dugaan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan KTP berbasis elektronik (e-KTP), Kamis (9/3/2017) besok.

Humas Pengadilan Tipikor Yohanes Priyana mengatakan, sidang perdana yang menyeret mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, akan dipimpin Hakim Ketua John Halasan, didampingi empat hakim anggota, yaitu  Franky Tumbuwun, Emilia Djajasubagia, Anwar, dan Anshori.

Dia menyebutkan, sidang perdana yang beragendakan pembacaan surat dakwaan itu akan berlangsung di ruang sidang Koesoemah Atmadja 1 Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

“Di pengadilan udah siap, akan menggunakan ruang sidang ini (Koesoemah Atmadja 1 red) untuk dipakai besok,” kata Yohanes di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

Sekedar diketahui, kasus yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp. 2,3 triliun itu dikabarkan melibatkan tokoh-tokoh besar, baik di eksekutif maupun legislatif.

Sejumlah tokoh yang pernah diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini, antara lain Ketua DPR Setya Novanto, mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004-2009 dan 2009-2013 Ganjar Pranowo, mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR M Jafar Hafsah.

Selai  itu, pernah diperiksa pula sebagai saksi, mantan pimpinan Komisi II DPR dari fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa, Ketua Komisi II sejak 2009 hingga Januari 2012 Chairuman Harahap, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, dan sejumlah anggota DPR lain.

Penulis: Hasbullah