Ketua DPRD Nisel : Masyarakat Berhak Mengawasi Dana Desa

Ketua DPRD Nias Selatan Sidiadil Harita. Foto : Wilson LOi
Ketua DPRD Nias Selatan Sidiadil Harita. Foto : Wilson LOi

Nias Selatan – SuaraNusantara

Dana Desa adalah merupakan bantuan Dana bantuan Desa diberikan oleh Pemerintah melalui APBN untuk pembangunan dan kesejahteraan Desa.

Kabupaten Nias Selatan sendiri pada tahun 2017 menerima Dana Desa (DD) sebesar Rp 346 Miliar. Setiap Desa menerima DD tersebut sebesar Rp 720 juta. Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kadis Pemberdayaan Pemerintah Desa (PMD) Nias Selatan Induk Laia saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Nias Selatan terdiri dari 459 Desa, setiap Desa menerima Dana Desa ini sebesar Rp 720 perdesa. Dana Desa Nias Selatan untuk tahun 2017 ini adalah Rp 346 Miliar”. Ungkapnya

Partisipasi masyarakat dibutuhkan dalam mengawas Dana Desa ini agar tidak disalahgunakan oleh aparat penyelenggara Desa. Ditemui diruang kerjanya, Senin (3/4/2017) Ketua DPRD Nias Selatan Sidiadil Harita mengatakan masyarakat berhak mengawasi proses pelaksanaan Dana Desa tersebut.

“Jumlah angka Dana Desa tahun ini lumayan besar mencapai Rp 720 juta perdesa. Masyarakat berhak mengawasi Dana Desa ini agar tidak disalahgunakan oleh aparat penyelenggara Desa”. Pungkasnya

Sidiadil juga meminta agar aparat Desa terutama para Kepala Desa wajib membuat papan informasi tentang pelaksanaan kegiatan penggunaan Dana Desa ini agar terhindar dari manipulasi data.

“Kepala Desa harus membuat papan informasi tentang pelaksanaan Dana Desa ini agar masyarakat mengetahui apa-apa saja dan digunakan dimana Dana Desa tersebut dan transparan bagi seluruh masyarakat”. Pinta Sidiadil Harita.

Penulis: Wilson Loi