Pahala Mansury Gantikan Arif Wibowo sebagai Dirut Garuda Indonesia

Foto: Wikipedia
Foto: Wikipedia

Jakarta-SuaraNusantara

Pahala Mansury sebagai Direktur Utama (Dirut) dipilih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang baru. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Rabu (12/4/2017).

Pahala menggantikan Arif Wibowo yang menjabat sebagai Dirut Garuda sejak Desember 2014, terhitung sejak Arif menggantikan Emirsyah Satar yang mengundurkan diri.

“Kalau pemegang saham bilang tepat, ya pasti tepat. Kan ada prosesnya,” kata Komisaris Utama Garuda, Jusman Syafii Djamal, menjelaskan alasan dipilihnya Pahala, di sela-sela RUPS yang digelar di kantor Garuda, Tangerang, Rabu (12/4/2017).

“Saya kira, Ibu Rini (Soemarno, Menteri BUMN) mengambil latar belakang orang yang finansial. Karena secara operasional itu baik Garuda,” ujarnya.

Lalu apa alasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mencopot Arif sebelum masa jabatannya berakhir?

Menurut Jusman Syafii Djamal, Arif sudah bekerja dengan baik membangun kinerja operasional Garuda. Namun saat ini dibutuhkan dibutuhkan strategi finansial yang berbeda.

“Beliau (Arif Wibowo) mungkin dilihat Ibu Rini membangun image operasional mungkin baik, tapi kendala finansial mungkin memerlukan strategi yang berbeda. Saya melihatnya begitu,” katanya.

Sementara Arif yang sudah berkarir di Garuda selama 27 tahun mengaku siap menerima penugasan berikutnya dari pemerintah.
“Saya kira ini menjadi pelajaran yang berharga buat saya. Saya siap menerima penugasan lebih lanjut. Dan saya ucapkan selamat kepada tim baru yang akan bertugas dan memperkokoh Garuda ke depan,” kata Arif usai RUPS di kantor Garuda, Tangerang, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya, saat ini tahapan di mana Garuda berkembang lebih besar lagi setelah mendapat pemimpin baru. Masih banyak ekspansi yang bisa dilakukan perusahaan pelat merah tersebut.

“Ini adalah tahapan Garuda akan menjadi besar, dan tentu ini sangat harus dilakukan untuk lebih baik ke depan. Kepada seluruh direksi, karyawan, dan media, saya ucapkan terima kasih. Karena dua tahun pimpin Garuda ini merupakan suatu yang besar,” katanya.

Selain menetapkan Dirut yang baru, RUPS juga mengangkat dua direksi baru, yaitu Puji Nur Handayani dan Nina Sulistyowati.

“Memberhentikan dengan hormat nama-nama berikut: M Arif Wibowo sebagai Direktur Utama, Iwan Joeniarto sebagai Direktur, Agus Toni Soetirto sebagai Direktur, Novianto Herupratomo sebagai Direktur,” demikian hasil RUPS Garuda.

Berikut jajaran direksi baru PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA):

  • Direktur Utama: Pahala Nugraha Mansury
  • Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko: Helmi Imam Satriyono
  • Direktur Layanan: Nicodemus P Lampe
  • Direktur Produksi: Puji Nur Handayani
  • Direktur Marketing dan TI: Nina Sulistyowati
  • Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum: Linggarsari Suharso
  • Direktur Kargo: Sigit Muhartono

Penulis: Yon