SMA Negeri 1 Telukdalam Jadi Rujukan Pelaksanaan UN

Suasana Pelaksanaan Ujian di SMA Negeri 1 Telukdalam (Foto: Wilson Loi)
Suasana pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Telukdalam (Foto: Wilson Loi)

Nias Selatan-SuaraNusantara

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Nias Selatan berjalan dengan baik. SMA Negeri 1 Telukdalam menjadi satu-satunya tempat yang digunakan untuk melaksanakan ujian sistem UNBK bagi sekolah lain.

“Pelaksanaan UNBK ini mulai dari hari Senin lalu hingga hari Kamis ini berjalan dengan baik,”  tutur Nursari Rindu Simanullang, S.Pd., MM Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/4/2017).

Pelaksanaan ujian UNBK yang berpusat di SMA Negeri 1 Telukdalam, diikuti 294 siswa dari 3 sekolah, yakni 257 peserta siswa SMA Negeri 1 Telukdalam, 16 peserta siswa dari SMA Swasta Madrasah dan 21 peserta siswa dari SMA Negeri 1 Onolalu.

Selama proses pelaksanaan UNBK, Nusari Rindu Manulang menjelaskan, tidak menggunakan tenaga listrik aliran PLN, melainkan genset, untuk mengantisipasi padamnya lampu yang dapat mengganggu proses pelaksanaan UNBK.

“Kita sudah menyurati PLN (area Telukdalam) tapi tidak ada respon, sehingga kita menggunakan genset. Karena bila sewaktu-waktu lampu padam, maka proses pengisian jawaban UNBK itu akan diulang lagi dari nol. Sebagai antisipasi, ya kita pakai genset saja,” jelasnya.

Salah seorang siswa yang mengikuti UNBK, Benyamin Dakhi, mengaku tak ada kendala selama menjalani ujian.

“Ujiannya berjalan dengan baik, walaupun ada sedikit gangguan server, tapi tidak bermasalah sekali,” katanya.

Benyamin yang berencana meneruskan studi ke IPDN ini berharap adik-adik kelasnya yang masih duduk di kelas IX dan X dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian yang akan datang.

Penulis: Wilson Loi