UNBK Minim Fasilitas, SMAN 1 Telukdalam Harus Pinjam Laptop Siswa

Suasana Pelaksanaan Ujian Sistem UNBK di SMA Negeri 1 Telukdalam (Foto: Wilson Loi)
Suasana Pelaksanaan Ujian Sistem UNBK di SMA Negeri 1 Telukdalam (Foto: Wilson Loi)

Nias Selatan-SuaraNusantara

Proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lingkup Kabupaten Nias Selatan telah terlaksana dengan baik. Namun masih ada kendala yang dihadapi, yaitu minimnya fasilitas komputer bagi siswa peserta UNBK.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam Nursari Rindu Manulang, S.Pd., MM, Kamis (13/04/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.

“Ujian berjalan dengan baik, namun kendala kita kekurangan fasilitas seperti Komputer bagi peserta ujian,”  kata Nursari Rindu Manulang

Sebagai jalan alternatif dari kekurangan ketersediaan perlengkapan ini, pihaknya sampai harus meminjam laptop dari orang tua siswa untuk dipakai dalam UNBK.

“Kita pinjam laptop melalui orang tua siswa. Puji syukur mereka kasih dan itu yang kita pakai selama proses pelaksanaan UN,” sampainya.

Saat ini komputer yang ada di SMA Negeri 1 Telukdalam ada 50 unit dan laptop yang dipinjam dari siswa melalui orang tua sebanyak 80 unit.

“Kita berharap Pemerintah Provinsi (Dinas Pendidikan) Sumut dapat menambah kekurangan peralatan (komputer) tersebut, sehingga pelaksanaan UNBK selanjutnya kita tidak pinjam lagi ke orang tua siswa,”  harap Nursari Manulang.

Selain kekurang komputer, kendala lain yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan UNBK ini adalah ketersediaan daya listrik (PLN) dan jaringan internet.

“Karena adanya gangguan dari internet, solusinya kita beli Paket Data sebanyak mungkin (GB). Kalau tidak akan ada kendala gangguan jaringan,” jelasnya.

SMA Negeri 1 Telukdalam sendiri salah satu sekolah yang mengikuti UNBK dan merupakan sekolah rujukan bagi sekolah lainya yang mengikuti UNBK. Beberapa sekolah yang dirujuk UN di SMA Negeri 1 Telukdalam di antaranya SMA Swasta Madrasah, SMA Negeri 1 Onolalu, SMP Negeri 1 Toma dan SMP Negeri Caraka Telukdalam.

Penulis: Wilson Loi