Blanko Masuk, Dukcapil Nisel Rencanakan Awal Juni Sudah Cetak KTP-el

Kadis Dukcapil Nias Selatan Sokhinaso Giawa. (Foto : Wilson)
Kadis Dukcapil Nias Selatan Sokhinaso Giawa. (Foto : Wilson)

Nias Selatan – SuaraNusantara

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI telah menyalurkan Blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) ke seluruh Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah mengungkapkan bahwa distribusi blanko Kartu Tanda Penduduk Berbasis Elektronik (KTP-el) sudah merata ke seluruh daerah di Indonesia.

“Seluruh kabupaten dan kota sudah dapat (blanko). Tanda terimanya ada,” jelasnya.(Baca : https://www.suaranusantara.com/semua-daerah-sudah-terima-distribusi-blanko-ktp-el/)

Kabupaten Nias Selatan juga telah menerima Blanko KTP-el sebanyak 8000 keping. Hal itu disampaikan oleh Kadis Dukcapil Nias Selatan Sokhinaso Giawa (Son Giawa) kepada SuaraNusantara saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/05/2017).

“Ia kita sudah menjemput (Blanko KTP-el) langsung ke Jakarta sekitar 2 minggu yang lalu. Kita dapat 8000 keping”. Tutur Son Giawa.

“Kita rencanakan awal bulan Juni 2017 ini sudah melakukan pencetakan. Karena kita masih ada kekurangan soal mesin print (Cetak Blanko)”. Katanya

Sambung Son Giawa, Dinas Dukcapil hanya memiliki satu unit alat print dan tiga buah lainya sedang di order.

“Dulu kan kita ada 4 alat cetak, satu yang aktif sementara tiga sudah rusak. Karena hanya satu yang aktif, kita hanya bisa cetak perhari itu paling banyak 70 buah. Lebih dari itu melelet karena panas. Kita sudah order 3 buah alat cetak, jadi upayakan semua sudah berjalan nanti”. Sambung Son Giawa

Son Giawa menambahkan blanko yang sudah ada saat ini masih kurang dari yang diharapkan. Nias Selatan masih butuh sekitar 80.000 keping lagi Blanko KTP-el.

“8000 keping itu masih kurang, kita butuhnya sekitar 80.000 lagi”. Tambahnya

Pihaknya masih keluhkan tentang kelistrikan terutama perekaman disetiap kecamatan yang melakukan perekaman KTP-el oleh warga.

Penulis : Wilson