Serunya Tanding Voli Mendagri dengan Panglima TNI dan Jajaran Polri

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jakarta-SuaraNusantara

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 Tahun, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak mitra kerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk bertanding volley  dan catur antar instansi, antara lain dengan TNI, Polri, Komisi II DPR RI dan wartawan Pokja Kemendagri.

Pertandingan lintas instansi ini digelar  di Lapangan Parkir Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Jumat (11/8/2017) pagi.

“Ini pertandingan persahabatan saja, baru kali ini berlangsung. Kami bertetangga dengan TNI di samping, dengan Polri dan wartawan juga.  Ke depan bisa kita tingkatkan lagi dengan kementerian lembaga lain dalam peringatan HUT RI,” kata Tjahjo di sela-sela pertandingan.

Lanjut Mendagri, eksibisi ini ditujukan untuk membangun jiwa sportifitas dan menggalang kebersamaan antar institusi. “Sehingga harmonisasi dapat tercipta dan bisa bersinergi dalam bekerja, menjaga dan membangun bangsa,” harap Mendagri.

Mendagri berharap, agenda eksibisi ini dapat menjadi multivitamin yang menambah semangat dan meningkatkan energi semua pihak dalam mengisi kemerdekaan ini. “Terus Bekerja, Bekerja Bersama demi Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa Indonesia. Selamat Bertanding, Dirgahayu Indonesia!” tegas Mendagri bersemangat.

Menurut dia, selama 73 tahun Indonesia merdeka, sebagai komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun bangsa, harus mewujudkan kedaulatan di bidang politik, kemandirian ekonomi dan berkepribadian sebagai bangsa berideologi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Semangat kebersamaan, gotong royong melalui olahraga maupun kegiatan apapun, ini harus diwujudkan bangsa besar. Karena kekuatan NKRI ini ada pada kebhinekaan, kebersamaan dan kegotongroyongan,” ujar Tjahjo.

Pembukaan pertandingan eksebisi antar ketiga lembaga tersebut dibuka dengan servis dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. Ketiganya mendapat sambutan meriah dari para pejabat eselon Kemendagri yang hadir.

Pada pertandingan pertama yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB,  tim Kemendagri yang dipimpin oleh Tjahjobertemu dengan tim TNI yang dipimpin Gatot. Tim Kemendagri mengenakan seragam warna merah. Sedangkan tim TNI mengenakan seragam warna putih dan merah.

Sepanjang pertandingan, kedua tim menunjukan semangat untuk memenangkan pertandingan. Bagaikan pebola volimprofesional, mereka berlomba menciptakan skor. Namun tak jarang tawa dari kedua tim pun menghiasi pertandingan. Pertandingan kemudian dimenangkan oleh tim TNI.

Pada pertandingan kedua, Mabes Polri melawan Wartawan Pojka Kemendagri, dimenangkan Mabes Polri. Pertandingan finalnya, Mabes TNI melawan Mabes Polri.

Juara pertama diraih Mabes TNI dalam pertandingan persahabatan tersebut. Juara kedua, secara otomatis milik Mabes Polri. Kemudian, dalam perebutan juara ketiga, Kemendagri melawan Wartawan Pokja dengan hasil dimenangkan tim Kemendagri yang terdiri dari para eselon I dan II.

Pada peringatan HUT RI tahun ini, Kemendagri menyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan, mulai dari olahraga, kesenian, pengembangan SDM dan malam tasyakuran pada tanggal 18 Agustus 2017. Sehari menjelang hari kemerdekaan, tanggal 16 Agustus 2016 akan diselenggarakan gerak jalan massal yang diharapkan dapat memecahkan rekor MURI.

Berikut jenis perlombaannya, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Bola Voly, Futsal, Bola Basket. Kemudian untuk kesenian ada lomba menyanyi individu, paduan suara, tarian kreasi (Maumere) dan Stand Up Comedy.

Sementara untuk lomba pengembangan SDM, Kemendagri mengadakan lomba Karya Tulis, kebersihan lingkungan kerja, keteladanan karyawan (Gol 1 dan 2) dan lomba pidato. Lomba yang sifatnya hiburan ada Tarik Tambang, Bakiak, Balap Karung, Joged Balon dan Jalan Sehat (memutari Monas). Selain itu, juga diadakan Bakti Sosial berupa donor darah dan Posbindu.

Penulis: Yon K