Misteri Angka Keramat di Balik Kemenangan Timnas U-22 Atas Filipina

Septian David Maulana berselebrasi usai menjebol gawang Thailand dalam pertandingan Sea Games. (Foto: AP Photo/Vincent Thian)
Septian David Maulana berselebrasi usai menjebol gawang Thailand dalam pertandingan Sea Games. (Foto: AP Photo/Vincent Thian)

Jakarta-SuaraNusantara

Ada yang menarik dari kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Filipina dalam pertandingan Grup B cabang sepak bola SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017) kemarin. Entah kebetulan atau tidak, muncul angka keramat 17-8-1945 yang merupakan tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia menang telak 3-o. Kemenangan Indonesia dibukukan oleh Septian David Maulana di menit ke-6, Hargianto di menit ke-45, dan Saddil Ramdani di menit 59 babak kedua.

Banyak pihak kemudian mengutak-atik angka-angka yang tersirat dari kemenangan ini. Saddil Ramdani dan Hargianto, yang masing-masing mencetak satu gol bernomor punggung  17 dan 8. Dan Hargianto mencetak gol di menit ke-45. Sebelumnya, Kick-off tendangan pertama dimulainya pertandingan juga dilangsungkan tepat pada pukul 19.45.

Bila semua angka tersebut digabung akan membentuk tanggal 17-8-1945. Tak urung pecinta bola tanah air banyak yang terkesima dengan kebetulan tersebut, termasuk Menteri Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Pada pertandingan kali ini ada angka-angka keramat. Kick off jam 19:45. Kemudian yang cetak gol bernomor punggung 17 dan nomor punggung 8,” ujar Menpora, di Jakarta, beberapa saat lalu.

Cukup segitu aja kebetulannya? Belum karena masih ada lagi “kebetulan” yang lain.

“Septian bernomor punggung 29. Kemudian Hargianto bernomor punggung 8 dan Saddil Ramdani bernomor punggung 17. Secara berurutan menjadi 29, 8, dan 17,” ujar Bima Sakti, asisten pelatih Timnas Indonesia U-22.

Ada apa dengan angka 29-8-17? Menurut Bima Sakti, angka tersebut merupakan isyarat bahwa Timnas Indonesia akan mencapai babak final, karena babak final cabang olahraga sepak bola Sea Games kali ini dijadwalkan akan dilangsungkan pada Selasa, 29-8-2017.

“Sama seperti tanggal apakah ketiga angka tersebut? Sama seperti tanggal laga final. Semoga tim ini benar-benar bisa ke final dan menjadi juara,” ujar Bima Sakti.

Benarkah semua angka tersebut merupakan pertanda Timnas Indonesia bakal mencapai babak final? Bagaimana menurut anda?

Penulis: Yono D