Mendagri Ajak Ormas Aktif Ambil Bagian dalam Pembangunan Nasional

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Yogyakarta-SuaraNusantara

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan keberagaman suku, adat istiadat, bahasa maupun agama yang ada di Indonesia merupakan suatu kekuatan bila dikelola dengan baik.

“Keberagaman merupakan suatu kekuatan yang apabila dapat dikelola dengan baik dan merupakan suatu potensi bagi kemajuan negara, akan tetapi bila ini semua dalam satu kebergaman,” kata Tjahjo Kumolo di Yogyakarta, Kamis (21/9/2017).

Karena itu, Tjahjo meminta ormas untuk aktif ambil bagian dalam pembangunan nasional yang berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Kemudian, untuk mendorong terbentuknya kader-kader sumber daya manusia Indonesia, khususnya dari kalangan ormas, yang unggul dan berakhlak karimah, pemerintah juga melakukan upaya-upaya sistematik dalam meningkatkan kualitas kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia organsiasi kemasyarakatan baik aspek pengetahuan, perilaku maupun keterampilan.

“Upaya-upaya itu tentu demi peningkatan kemampuan ormas tersebut, diharapkan akan mampu mendorong terwujudnya ormas yang mandiri, kredibel dan akuntabel,” kata Tjahjo.

Tjahjo menekankan pentingnya kaderisasi bagi sebuah organisasi, karena itu adalah inti dari kelanjutan perjuangan organisasi ke depan.

“Fungsi dari kaderisasi adalah mempersiapkan calon-calon (embrio) yang siap melanjutkan tongkat estafet perjuangan sebuah organisasi,” katanya.

Kontributor: Maryono