Selain Bonus Rp. 200 Juta, Atlet Peraih Medali Para Games Diangkat Jadi PNS

Foto: Today Online
Foto: Today Online

Jakarta-SuaraNusantara

Jendri Panggabean, atlet renang Indonesia yang membawa pulang 5 medali emas dan menorehkan 4 rekor baru dalam kejuaraan Asean Para Games 2017 di Malaysia bulan September kemarin, meminta kepada pemerintah untuk memberikan bonus atas prestasi yang berhasil mereka capai.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo langsung menginstruksikan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk segera mencairkan bonus dimaksud.

“Ini untuk bonus saya bisik (ke Kemenpora). Kalau bisa sehari dua hari (sudah dicairkan),” ucap Jokowi saat menerima kontingen atlet ASEAN Para Games 2017 di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Menanggapi instruksi tersebut, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan pihaknya jauh-jauh hari telah menyiapkan bonus untuk para atlet peraih medali Sea Games dan Asean Para Games 2017, termasuk bonus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ia sampaikan bonus tambahan menjadi PNS adalah hal baru dalam rangka negara menjamin masa depan atlet.

“Kami telah melakukan persiapan terkait bonus ini jauh-jauh hari baik bonus fresh money maupun bonus tambahan yakni menjadi PNS yang merupakan hal baru dan atas perintah Bapak Presiden,” ujar Imam.

Menurut Imam, dalam waktu satu atau dua hari ke depan, bonus fresh money berupa uang Rp 200 juta untuk peraih medali emas dapat segera disiapkan, tetapi untuk PNS akan melalui proses beberapa administrasi dan penyesuaian lainnya.

Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kemendikbud terkait penyesuaian para atlet para games ini untuk menjadi PNS. “Ke depan solusinya adalah setiap pelatnas harus ada home schooling karena tidak mungkin mengikuti pendidikan atau perkuliahan secara reguler tetapi harus ada home schooling. Tanpa itu maka masa depan mereka akan ada kesulitan, untuk itu ini yang menjadi konsentrasi kami,” katanya.

Penulis: Yon K