Kisruh LSM LIRA, Jusuf Rizal Klaim Jabat Presiden LIRA

Jusuf Rizal (Foto: Net)
Jusuf Rizal (Foto: Net)

Jakarta-SuaraNusantara

Kisruh dalam tubuh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) makin memanas. Presiden LSM LIRA periode 2015-2020, Ollis Datau, meminta Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap Presiden LIRA periode sebelumnya, Jusuf Rizal.

Pasalnya, Jusuf Rizal yang masih mengklaim diri sebagai Presiden LIRA yang sah, telah ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik oleh Polda Sumut.

Permintaan penangkapan itu juga dikarenakan tersangka Jusuf sudah melakukan praperadilan terhadap Polda Sumut. Hasilnya, ditolak pengadilan dan dimenangkan oleh Polda Sumut.

“Saya harap pihak kepolisian Sumut, dalam hal ini Bapak Kapolda, dapat menjadikan hukum sebagai panglima di wilayah hukum Polda Sumut,” kata pengacara pihak Ollis Datau, Arizal dalam siaran persnya, Rabu (25/10/2017) malam.

Arizal merasa heran karena polisi belum menangkap Jusuf meski sudah berstatus tersangka. Dia mencontohkan, tersangka kasus pelanggaran UU ITE Jonru Ginting saja bisa ditahan.

Kisruh bermula ketika Jusuf Rizal mengatakan bahwa dirinya masih menjabat sebagai Presiden LIRA, dan Ollis Datau tidak lagi memimpin lembaga tersebut.

Peryantaan Jusuf ini disebarkan melalui media sosial dan sempat menjadi viral. Merasa dirugikan, Ollis pun melaporkan Jusuf ke Polda Sumut.

Penulis: Cipto