Laila Sari Meninggal Usai Pulang Syuting

Laila Sari (Foto: Youtube)
Laila Sari (Foto: Youtube)

Jakarta – SuaraNusantara

Artis senior Laila Sari meninggal dunia, Senin (20/11/2017) pukul 19.50 WIB, di usia 82 tahun. Kabar meninggalnya Mak Laila, sebutan akrabnya, pertama kali menyebar melalui media sosial.

Sebelumnya, seniman kelahiran Padang Panjang, Sumatera Barat tahun 1935 ini diketahui memiliki beberapa riwayat penyakit, dan mengeluhkan kondisinya yang kurang fit sejak Minggu (20/11/2017) kemarin.

Di akhir hidupnya, Mak Laila hidup dalam keprihatinan seiring dengan semakin berkurangnya order untuk tampil di acara hiburan. Namun hanya beberapa jam sebelum meninggal, Mak Laila sempat syuting di Net TV.

“Sehabis pulang dari NET, terus pulang ke rumah. Dan setelah itu enggak ada (meninggal dunia),” ujar Wheny Melinda, tetangga Mak Laila di Jalan Badila I, Tangkiwood, kepada wartawan, Senin (20/11/2017) malam.

Ketika berumur 10 tahun, Mak Laila dibawa merantau ke Jakarta. Dia tinggal di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Barulah saat ibunya menikah lagi dengan seniman asal Medan, Mak Laila pindah ke kawasan Tangki, Mangga Besar, Jakarta Barat.

Di kawasan Tangki yang lantas populer disebut Tangkiwood karena merupakan tempat tinggal dan berkumpul para seniman di Jakarta pada masa-masa usai kemerdekaan inilah Mak Laila kemudian ‘terbawa arus’  dengan terjun sebagai pemain sandiwara dan penyanyi.

Di era kejayaannya, Mak Laila mengeluarkan banyak piringan hitam.
Salah satu lagu populer yang pernah dinyanyikannya adalah ‘Mama Janda’.

“Aku biduan, aku dulu punya piringan hitam banyak sih ya lagunya. Yang aku masih ingat Mama Janda,” kata Mak Laila semasa hidup kepada wartawan.

Dia mengembangkan karier dengan bermain dalam film layar lebar pada akhir dekade 1970-an, dan kemudian bermain dalam sejumlah sinetron ketika masa film nasional mengalami mati suri.

Penulis: Yon K