Bamsoet Resmi Disodorkan Jadi Ketua DPR

Foto: Net
Foto: Net

Jakarta-SuaraNusantara

Dewan Pimpinan Partai Golkar resmi menetapkan Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

“Kami sampaikan dari DPP Partai Golkar tentang penetapan Bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR,” ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, saat menyerahkan surat penetapan tersebut kepada Bambang di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin (15/1/2018).

Penetapan nama Bambang sebagai Ketua DPR, kata Airlangga, sudah melalui tahapan dan mekanisme pembahasan di internal Partai Golkar maupun komunikasi dengan tokoh-tokoh senior di partai tersebut yang ada di Dewan Pembina dan Dewan Pakar.

“Dari nama-nama yang muncul di publik, seluruhnya mampu mempunyai posisi (sebagai) Ketua DPR, namun setelah dilakukan komunikasi di lingkungan strategi dan politik, maka saudara Bambang Soesatyolah yang ditetapkan untuk mengisi jabatan lowong setelah Pak SN (Setya Novanto) undurkan diri,” ujar Airlangga.

Dia menjelaskan, Bamsoet dipilih karena dinilai punya konsep, ide dan gagasan yang baik. Bamsoet juga aktif di banyak organisasi sehingga sarat pengalaman. Namun setelah ini, Bamsoet diminta lebih aktif di DPR. Selain itu, Bambang memiliki latar belakang sebagai wartawan, sehingga diharapkan dapat berkomunikasi baik dengan media.

Adapun setelah penetapan Golkar tersebut, surat penetapan nama Bambang akan diserahkan kepada Pimpinan DPR untuk dibahas dalam forum rapat pimpinan. Selanjutnya akan dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) dan dilanjutkan setelahnya dalam rapat Paripurna Penetapan dan pelantikan Ketua DPR.

Penulis: Yon K