Lakon Satyam Eva Jayahe Meriahkan HUT Megawati Soekarnoputri

Presiden Jokowi saat menghadiri Pagelaran Teater Kebangsaan Satyam Eva Jataye di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (23/1) sore. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat menghadiri Pagelaran Teater Kebangsaan Satyam Eva Jataye di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (23/1) sore. (Foto: Istimewa)

Jakarta-SuaraNusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Pagelaran Teater Kebangsaan Satyam Eva Jataye,  yang digelar sebagai bagian dari acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (23/1) sore.

Satyam Eva Jayahe diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti kebenaran yang akan menang. Lakon yang mengangkat tentang perjuangan menegakkan kebenaran dan mengambil pola alur Ramayana ini disutradarai oleh Agus Noor, penata musik dan tari Djaduk Ferianto, dan artistik Ong Hari Wahyu. 

Para seniman lain yang terlibat di antaranya Butet Kartaredjasa, Sujiwo Tejo, Happy Salma, Soimah, Sruti Respati, Cak Lontong, Akbar, Inayah Wahid, Luluk Sumiarso, Susilo Nugroho, Marwoto, Andy Sri Wahyudi, Trio Guyonan Ala Mataraman, serta pemusik Kuaetnika, penari PLT Bagong Kussudiardja, dan Yayasan Kebun Raya Indonesia.

Dalam Pagelaran Teater Kebangsaan ini juga terdapat penyerahan buku Cerita dari Cikini kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Sukarnoputri. Tak ketinggalan, Megawati juga menyampaikan pidatonya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya menangkap isyarat dalam pidato ulang tahun Presiden ke-5 Republik Indonesia  Megawati Soekarnoputri yang ke-71.

Isyarat yang dimaksud adalah untuk kembali mengeluarkan semangat muda dalam bekerja. “Maka pas 71 tahun ini Mbak Mega bilang semacam reborn, menjadi dibalik 17 tahun. Sebenarnya Mbak Mega sedang melemparkan isyarat. Ini adalah gerakan untuk kembali kita muda dari sisi semangat, kalau saya membacanya begitu,” kata Ganjar.

Tampak hadir pula dalam kesempatan itu antara lain Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno dan Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia Boediono, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Guruh Sukarno Putra.

Penulis: Rio