Bawaslu Sumut Gelar Simulasi Sidang Sengketa JR Saragih dengan KPU

Herdi Munthe (Foto: Ingot Simangunsong)
Herdi Munthe (Foto: Ingot Simangunsong)

Medan – SuaraNusantara

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut menggelar simulasi sidang sengketa pemilu yang diajukan kuasa hukum bakal calon Gubsu yang diusung Partai Demokrat, PKB dan PKPI, JR Saragih dengan tergugat komisioner KPU Sumut di kantor Bawaslu Sumut Jalan H Adam Malik, Senin (19/2/2018).

Simulasi sidang yang dipimpin Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan didampingi komisioner Herdi Munthe itu berjalan lancar.

“Kita gelar simulasi ini untuk persiapan sidang gugatan sebagai sengketa pemilu yang diajukan kuasa hukum JR Saragih. Kita belum dapat menetapkan jadwal sidang karena masih menunggu kehadiran kuasa hukum JR untuk melengkapi dokumen sebagai persyaratan yang harus dipenuhi. Kita tunggu mereka sampai jam 4 sore, sesuai jam kerja, ini batas akhir,” kata Herdi Munthe.

Menurut Herdi Munthe, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan kuasa hukum JR, yang menyatakan akan hadir untuk melengkapi dokumen.

“Jika mereka datang melengkapi, tahapan selanjutnya ya register perkara, seterusnya penetapan jadwal sidang dan penetapan pimpinan sidang dari ketiga komisioner Bawaslu. Kami akan rapat untuk menetapkan siapa pimpinan sidang,” kata Herdi Munthe.

Dijelaskannya, jika kuasa hukum JR tidak datang sampai batas waktu kerja untuk melengkapi dokumen, maka tidak ada tahapan register perkara.

“Artinya sengketa tidak dilanjutkan,” katanya.

Penulis: Ingot Simangunsong