Perguruan Kera Putih Gelar Milad Ke ll Di Desa Pangkalan

Kabupaten Tangerang – Guna menjaga kebudayaan pencak silat betawi, perguruan beksi kera putih malaksanakan milad ke ll, di Kampung Kebun Sereh Rt 03/04, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (01/04/2018) siang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota Polsek Teluknaga Aipda Achmad Husin, Calon Legislatif Fraksi PKS Sapri, Aparatur Desa Pangkalan, Tokoh masyarakat dan para undangan sanggar pencak silat lainnya.

Menurut ketua pencak silat Kera Putih Desa Pangkalan, Muhamad Kambil, ia mendirikan perguruan sejak tahun 2012 yang lalu, hingga saat ini memiliki murid 100 orang lebih dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Awalnya saya cuma coba-coba melatih anak-anak bela diri, ga nyangka peminatnya bisa bertambah dari anak hingga dewasa,” ucapnya.

Kambil meminta kepada Pemerintah untuk peduli terhadap pencak silat budaya betawi yang ia kembangkan hampir 8 tahun ini.

“Belum ada yang datang dari Pemerintah mendukung kegiatan ini, cuma Pak Camat Teluknaga aja yang datang melihat perguruan saya, namun sampai sekarang belum ada kejelasannya selanjutnya,” keluhnya.

Ketua panitia pelaksana milad ke ll, Yadi Cahyadi memaparkan, kegiatan ini dilaksakan untuk melestarikan pencak silat seni budaya betawi kera putih, yang berdiri sejak 1980 an yang lalu.

“Perguruan ini kan berdiri sudah lama dipimpin oleh engkong Kambil di Desa Lemo, kalau cabangnya di Desa Pangkalan, kebetulan nama pendirinya juga sama, dan hari ini sebanyak 50 sanggar silat beksi kami undang agar mereka bisa mengembangkan kegiatan ini,” harapnya.

Disisi lain, Calon Legislatif Fraksi PKS, Sapri sangat mensupport kegiatan yang dilaksanakan perguruan kera putih, karena menurut ia sudah memiliki izin yang lengkap dari Dinas terkait.

“Harus kita dukung mereka selama ini baik buat kepentingan bersama, izinnya juga ud lengkap ga usah diragukan lagi, saya pun bergabung sama mereka,” tukasnya. (Igor/Nji)