Lulus Kuliah, Mahasiswa Perhotelan UMN Sudah Bersertifikasi

Kabupaten Tangerang – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) terus mengembangkan mahasiswa nya untuk menjadi lulusan yang berkualitas. Salah satu caranya yakni memberikan dua sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketua Program Studi Perhotelan UMN, Oqke Prawira mengatakan, tidak banyak universitas yang menyediakan sertifikasi untuk mahasiswa nya. Oqke menjelaskan bahwa dua sertifikasi tersebut didapatkan oleh mahasiswa Perhotelan UMN yang lulus dalam uji kompetensi.

“Mahasiswa Perhotelan UMN akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi profesi di bidang Front Office, Housekeeping dan Laundry di akhir semester dua. Selanjutnya di akhir semester lima, mahasiswa akan kembali mengikuti uji kompetensi untuk bidang Food Production, Pastry atau Food&Beverage,” jelas Oqke.

Selain mendapatkan sertifikasi dari BNSP, mahasiswa juga akan menerima sertifikat hasil training di semester 3 dan 6. Sertifikat tersebut diberikan dari pihak hotel usai menyelesaikan program training atau internship.

“Mahasiswa yang mengikuti training harus memenuhi persyaratan, yaitu mereka harus lulus mata kuliah inti, misalnya di semester satu mereka harus lulus front office dan housekeeping. Kemudian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus sesuai dengan yang sudah ditentukan dan mereka tidak memiliki masalah absensi,” ujar Adestya Ayu selaku Sekretaris Program Studi Perhotelan UMN.

Selain mempelajari mata kuliah wajib, seperti front office, housekeeping, psikologi pelayanan, laundry, pengantar industri pariwisata, dan lainnya, mahasiswa Perhotelan UMN juga dibekali dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

“Kenapa pake bahasa Perancis, karena banyak terminologi hotel yang pake bahasa Perancis. Mahasiswa juga bisa belajar bahasa lain seperti bahasa Jepang dan Korea dengan mengikuti program dari CED (Continuing Education Department) UMN,” ujarnya.

Untuk diketahui, CED merupakan program pengembangan pendidikan di UMN yang menyediakan berbagai program kursus bahasa (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa Jepang), pengembangan manusia, pusat pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, serta program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah, mahasiswa, masyarakat, dan profesional. (Akim/Nji)