Wagub Minta Seluruh Pihak Kerjasama Terkait Penyaluran Rastra di Banten

Lebak – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memberikan pernyataan keras terkait dengan cenderung macetnya penyaluran beras rakyat sejahtera (Rastra) tahun 2018 di Provinsi Banten.

Wagub meminta semua stakeholder terkait, baik di Pemerintah Provinsi Banten, dan Pemkab/Pemkot maupun Bulog untuk bergerak cepat mengatasi persolan tersebut.

“Pemprov Banten memiliki komitmen dalam Penyelenggaraan kesejahteraan sosial, termasuk dalam Program Bantuan Sosial Rastra, jadi Pemkab dan Pemkot harus memperhatikan,” ujarnya di Desa Tambak Raya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Senin (30/04/2018).

Mengutip data pada Dinas Sosial Provinsi Banten, Wagub mengatakan, keluarga penerima manfaat (KPM) Bansos Rastra di Kabupaten Lebak mencapai 106.232 KPM.

Sementara secara nasional, penyaluran Rastra Provinsi Banten berada di peringkat ke-30.

“Hal Ini harus memacu pemerintah untuk dapat mengoptimalkan penyaluran di seluruh Kabupaten/Kota di Banten,” ujarnya.

Wagub meminta agar aparatur dan perangkat desa Pendamping Sosial di lapangan (TKSK) berperan aktif dalam proses penyaluran.

Selain itu, Pemerintah kabupaten/kota harus punya rencana aksi akselerasi penyaluran Rastra.

“Perum Bulog di Provinsi Banten juga harus memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah daerah demi menyukseskan penyaluran rastra sampai ke wilayah terpencil karena ini sudah menjadi komitmen nasional,” ujarnya. (Akim/Nji)