BPN Persilahkan Tim Saber Ciduk Oknum yang Bermain PTSL

Kota Tangerang – Terkait adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) pada pelaksanaan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan oleh oknum, Badan Pertanahan Nasional (BPN) enggan menanggapinya apalagi melakukan investasi pungli tersebut ke lapangan.

Pasalnya, menurut Candra Genial, Kepala Badan (Kaban) BPN Kota Tangerang, kegiatan BPN bukan untuk menginvestigasi siapa yang melakukan pungli.

“Intinya kalo ada pungutan pungutan dari pokmas itu diluar tanggung jawab BPN,” ujar Candra seusai Rapat PTSL di ruang rapat Asda III, Kantor Pemerintah Kota Tangerang kepada awak media, Senin (7/5/2018)

Candra menegaskan, tugas BPN hanya melakukan pengukuran, dan inventarisasi data. Dan untuk tanah – tanah yang tidak bermasalah dapat dipastikan jadi sertifikat.

“Dan untuk tanah tanah yang bermasalah kita pending untuk penyelesaian sertifikat sampai dengan permasalahannya selesai terlebih dahulu,” katanya

Dengan adanya dugaan Pungutan Liar tersebut, Candra juga mempersilahkan team Saber Pungli untuk menangkap petugas BPN yang nakal dalam menjalankan tugasnya.

“Saya tidak pernah melarang team saber untuk mengamankan petugas saya, itupun kalau petugas saya salah, jika tidak bersalah yah jangan ganggu. Apalagi dalam rangka memperlancar kegiatan pelaksanaan PTSL ini,” tandasnya. (Ahmad/Nji)