Dishub Kota Tangerang Resmi Uji Coba Tol Ganjil – Genap Besok

Kota Tangerang – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memutuskan untuk memberlakukan kebijakan ganjil genap di Tol Karawaci, Tangerang arah Jakarta (Karawaci 2 dan Karawaci 4).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dishub Kota Tangerang, Saeful Rohman.

“Besok sudah resmi uji coba Tol Karawaci, meskipun sebelumnya kebijakan ini sempat mengalami penundaan. Namun akhirnya mulai diterapkan pada Senin (14/5/2018),” kata dia, Minggu (13/5/2018).

Mantan Asda I Kota Tangerang itu menyebut kebijakan tersebut akan dimulai dengan sosialisasi sekaligus uji coba selama dua pekan.

Pemberlakuan uji coba ini diharapkan akan semakin memberikan dampak pengurangan antrean kendaraan di ruas Tol Tangerang – Jakarta.

“Saat ini kepadatan di Tol sudah berkurang separuh. Dari rata – rata 18 km menjadi 8 meter setelah penerapan uji coba kebijakan ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2,” ucapnya.

“Kami dari pihak Dishub Kota Tangerang terus membantu dalam sosialisasi ini. Dari mulai pemberitahuan melalui spanduk, brosur, dan juga langsung ke pengendara,” kata Saeful.

Sementara itu Kepala BPTJ, Bambang Prihartono menerangkan bahwa untuk mengurangi antrean yang masih terjadi juga dilakukan dengan membenahi sirkulasi lalu lintas di ruas Tol. Oleh karena itu pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Pintu Tol Karawaci arah Jakarta diharapkan akan mengurangi volume kendaraan.

“Beberapa Pintu Tol arah Jakarta sudah diberlakukan ganjil genap. Semua paket kebijakan tersebut berlaku pada hari Senin sampai Jumat pukul 06.00 – 09.00 kecuali hari libur. Termasuk di Tol Karawaci ini,” ungkap Bambang.

“Skema ganjil genap untuk kendaraan pribadi ini merupakan bagian persiapan kebijakan pengaturan lalu lintas di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada masa pelaksanaan Asian Games,” tukasnya (Akim/Nji)