Kota Tangerang Raih Peringkat Dua Hasil UN SMP di Banten

Kota Tangerang – Dinas Pendidikan Kota Tangerang merilis hasil pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman menjelaskan pada tahun pelajaran 2017/2018 hasil UN siswa SMP kota Tangerang mampu mengalahkan Kabupaten Tangerang dari tahun lalu.

“Sedikit demi sedikit sistem pendidikan kita mulai memperlihatkan hasilnya,” imbuhnya.

Saat ini kota Tangerang berada diposisi kedua setelah kota Tangerang Selatan untuk perolehan nilai tertinggi UN tingkat SMP,” ungkap Abduh, Kamis (24/05/2018) di Wisma PGRI kota Tangerang.

Abduh menerangkan, meskipun berada diposisi kedua, hasil tersebut merupakan prestasi yang cukup baik.

“Pertama sekolah di Tangsel didominasi oleh swasta, dan juga sekolah yang berstandar internasional. Namun, bukan berarti kita tidak bisa melewati level mereka, tetapi tinggal menunggu proses saja, seperti Kabupaten Tangerang yang berhasil kita lewati,” singkatnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP, Jamalaudin memaparkan, untuk level tingkat kota Tangerang masih didominasi oleh sekolah swasta.

“Peringkat satu sampai tiga besar itu diduduki oleh SMP swasta, sedangkan SMP Negeri 1 berada diposisi keempat,” terangnya.

Jamaluddin menambahkan, hasil mentereng dari pelaksanaan UN tersebut diantaranya adanya perubahan skema pelaksaannya.

“Jadi pelaksanaan UN Online sangat berpengaruh atas hasil yang diraih oleh siswa di kota Tangerang,” tukasnya. (akim/nji