PPDB Online di Banten Kusut, Ini Tanggapan Gubernur

Serang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan segera dibuka. Namun, sistem PPDB online masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi Banten.

Seperti tahun sebelumnya, PPDB di wilayah tersebut kusut lantaran banyaknya keluhan dari masyarakat.

Hal ini pun diakui langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim. Ia menyatakan kepada jajarannya untuk segera berbenah, agar kejadian itu tak terulang kembali.

“Tahun kemarin memang mengalami server down,” ujar Wahidin saat berbincang santai dengan Warta Kota di Rumah Dinas Gubernur, Serang, Banten, Selasa (5/6/2018) malam.

Pria yang akrab disapa WH ini menjelaskan penyebab keruwetan yang terjadi pada PPDB online di Banten.

Di antaranya yakni jangkauan internet tak memadai di wilayah pelosok – pelosok dan sumber daya manusia yang kurang siap menghadapi sistem tersebut.

“Makanya kami sekarang mulai mempersiapkan matang – matang. Dulu itu jaringan internet macet di daerah pelosok yang memang jaraknya jauh dari pusat kota,” ucapnya.

Sejumlah persiapan yang dilakukan mulai dari penambahan bandwidth jaringan internet dan pembentukan tim khusus dalam pengawasan PPDB online. Bahkan Pemprov Banten mulai menjalin kerja sama dengan pihak Telkom.

“Keamanan juga sudah kami siapkan. Tim langsung dipimpin oleh saya. Sebab tahun kemarin itu memang fatal,” kata Wahidin. (akim/nji)