Kaporli : Peningkatan Status Polda Banten Momen Monumental Rakyat

Kota Serang – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian secara langsung menghadiri upacara peningkatan tipe Polisi Daerah (Polda) Banten yang meningkat dari Tipe B ke Tipe A, Kamis (6/12/2018).

Upacara tersebut dihadiri oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim, dan seluruh pimpinan daerah di Banten.

Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian dalam amanatnya mengatakan, perubahan tipelogi ini merupakan acara monumental dan penting, bukan hanya bagi Polda Banten tapi juga bagi Pemprov dan masyarakat Banten.

“Perjalanan Polda Banten cukup unik dan panjang, sebelumnya Polda Banten hanya merupakan satu keresidenan berupa Kepolisian Wilayah (Polwil) di bawah Polda Jawa Barat,” ujarnya.

Setelah Banten berkembang menjadi Provinsi, lanjut Tito, Polwil pun kembali naik tipe menjadi Polda Tipe C yang dipimpin oleh Komisaris Besar (Kombes) Pol.

Dimana pada saat itu Tito menjabat sebagai Kapolres Serang dengan Pangkat Kombes tahun 2005. Kemudian dalam perjalanan Polda Banten dari tipe C mengalami perubahan ke tipe B dan naik kembali pada tahun ini menjadi tipe A.
 
“Sekarang tinggal tunggu Kapolda Banten naik pangkat menjadi Inspektur Jendral (Irjen) Pol. atau bintang dua dulu, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sepenuhnya diserahkan kepada Polda Banten,” ujarnya.

Ia pun berpesan agar personel yang ada di jajaran Polda Banten untuk segera mengubah struktur jajaran dan personel nya agar sesuai dengan Polda Tipe A.

“Jangan sampai Poldanya tipe A tapi personil, organisasi dan struktur masih tipe B, ada kisi-kisi yang harus dipenuhi. Oleh karena itu kita follow up bersama.Saya minta Kapolda dan jajarannya bekerjasama dengan Mabes Polri, terutama dengan para asisten dari Mabes Polri, saya tugaskan melakukan penguatan baik organisasi maupun sarana dan prasaran, personil, keuangan dan lain-lain hingga betul-betul layak menjadi Polda tipe A,” tandasnya. (aul/nji)