BPTJ Luncurkan Bus Rute Cikokol – Bandara Soetta

Kota Tangerang – Tiga unit bus Jabodetabek Airport (JA) Connexion rute Cikokol – Bandara Soekarno Hatta diresmikan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Jumat (7/12/2018) di Tangcity Mall, Kota Tangerang.

Peresmian tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi menuju Bandara Soekarno Hatta.

Kepala BPTJ, Bambang Prihantoro mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih satu juta kendaraan pribadi yang masuk ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

“Ini sebagai bentuk perubahan mindset masyarakat ke transportasi umum yang fasilitasnya pun sama seperti menggunakan kendaraan pribadi,” ujarnya.

Nantinya, angkutan bus dengan kapasitas 35 penumpang ini akan melayani dua jam sekali mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Untuk rute perjalanan yang dilayani yakni, Tangerang City Mall menuju Bandara Soetta yang akan berhenti pada setiap terminal.

“Sengaja kita pilih disini, karena melihat mobilitas masyarakat sangat banyak dan terpusat diwilayah ini. Jadi, dengan adanya permintaan pula, kita hadirkan bus ini,” tambahnya.

Sepanjang 2018, pihak BPTJ pun telah mengeluarkan sebanyak 600 unit bus dengan berbagai destinasi dalam rangka pengurangan penggunaan kendaraan pribadi.

“Penurunan penggunaan kendaraan pribadi cukup signifikan kurang lebih 50 persen untuk wilayah Jabodetabek dan itu data yang masuk pada kami dan beralih ke transportasi umum. Maka dari itu, kami terus gencar merilis sejumlah bus bila dibutuhkan dengan target seribu unit tahun ini,” beber dia.

Pada perjalanan menggunakan bus JA Connexion tersebut, nantinya hanya memakan waktu satu jam dengan tarif Rp. 25 ribu yang akan melalui kawasan Tangcity Mall – Jl. MH. Thamrin – Jl. Tol Jakarta Tangerang – Jl. Tol Lingkar Luar Barat – Jl Tol Dr. Sedyatmo – Jl. Raya Bandara Soekarno Hatta – Bandara Soekarno Hatta. (aul/nji)