33 Puskesmas di Kota Tangerang Siap Layani Masyarakat 24 Jam

Kota Tangerang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mencatat, sebanyak 33 puskesmas yang ada di Kota Tangerang sudah terakreditasi dan juga terafiliasi dengan BPJS Kesehatan.

Liza Puspadewi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang mengatakan, bahkan ke 33 puskesmas tersebut yang berada di setiap daerah siap melayani masyarakat Kota Tangerang selama 24 jam.

“Namun untuk melakukan rawat inap, hanya dikhususkan kepada penyakit yang ringan saja jika. Dan itu ada spesifikasi lagi, kalo memang harus rawat inap dari dokter baru dirawat inap,” ujarnya melalui seluler, Kamis (10/01/2019).

Liza menjelaskan, dari 33 Puskesmas yang tercatat, sebanyak 29 puskesmas yang beroperasi. Sedangkan 4 puskesmas lainnya yang ada di Kota Tangerang, sedang tahap renovasi.

“Contoh seperti puskesmas yang berada di Benda, saat ini sedang dalam renovasi akan tetapi akan segera beroparsi juga. Dan dari keseluruhan puskesmas yang ada, semuanya sudah terakreditasi dan hanya satu saja yang belum. Karena sedang dalam perapihan administrasi dan lainnya,” terangnya

Liza menjelaskan, masyarakat juga bisa menggunakan BPJS jika berobat di puskesmas. Karena memang BPJS hanya menerima rumah sakit dan puskesmas yang sudah terakreditasi saja.

“Untuk puskesmas jika ingin terkareditasi, itu acuannya berdasarkan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 dimana disebutkan puskesmas yang terkareditasi dilihat dari fasilitas dan juga kekmapuan puskesmas itu sendiri. Nah puskesmas di Kota Tangerang ini sudah sesuai dengan Permenkes 75,” paparny.

Liza menambahkan, layanan di puskesmas sendiri tidak jauh dengan Rumah Sakit (RS) yang ada di Kota Tangerang. Walaupun belum bisa dibilang RS Tipe D, akan tetapi menurutnya untuk pelayanan dan juga kelengkapan alat medisnya hampir sama dengan RS yang ada di Kota Tangerang.

“Untuk bisa dibilang Rumah Sakit Tipe D maka harus ada dokter spesialisnya, saat ini kita belum mempunyai dokter spesialis karena terbatas anggaran untuk di puskemas. Tapi kalau masalah lainya saya jamin sama dengan Rumah Sakit yang ada di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Dengan adanya puskesmas tersebut, Liza berharap masyarakat bisa menikmati layanan, ikut menjaga, serta merawat fasilitas yang diberikan Pemkot Tangerang.

“Semoga masyarakat bisa merasakan pelayanan puskesmas yang ada di Kota Tangerang. Kedepan kita akan terus melakukan pengembangan agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tukasnya. (ahmad/aul)