240 Hunian Sementara Korban Tsunami di Pandeglang Sudah Teraliri Listrik

Pandeglang – PT PLN (Persero) melalui program PLN Peduli memberikan bantuan pemasangan listrik gratis untuk masyarakat Desa Sumber Jaya dan Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Dimana saat ini sebanyak 240 Kepala Keluarga yang akan menempati rumah Hunian Sementara (HUNTARA) di kedua lokasi tersebut telah dapat menikmati aliran listrik.

Manager Komunikasi PT PLN (PERSERO) Unit Iinduk Distribusi Banten mengatakan, bantuan penyambungan listrik untuk rumah tangga dan fasilitas umum yang diberikan meliputi listrik dengan daya 450 VA, Pompa Air dengan kebutuhan listrik 5500 VA, perluasan jaringan sepanjang 5 gawang, biaya pasang baru, pemasangan instalasi dalam rumah dan penyelesaian surat layak operasi.

“Kegiatan bantuan dari PLN Peduli untuk musibah Tsunami Selat Sunda ini merupakan program lanjutan yang sebelumnya berupa bantuan sembako sebanyak 3.000 paket di Kec. Sumur dan Kecamatan Panimbang,” ujarnya, Selasa (12/2/2019).

Eman mengatakan, PLN memberi prioritas utama untuk pemulihan jaringan listrik yang hancur diterjang ombak tsunami. Dimana pada saat terjadi musibah tsunami hampir semua tiang jaringan Tegangan Menengah jalur pesisir pantai Kalicaah menuju Kecamatan Sumur hancur.

“Tapi berkat kerjasama antar unit PLN yang ada di region Jawa Bagian Barat serta PLN Jawa Barat jaringan Tegangan Menengah yang luluh lantah dapat normal kembali,” tambahnya.

Untuk terus melayani masyarakat khususnya dalam hal ini yang tertimpa musibah Tsunami, sambung Eman, PLN telah melakukan perbaikan dan penataan kembali pada jaringan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) ke rumah-rumah pelanggan.

“Bantuan lain juga termasuk memberikan bantuan fasilitas Pasang Baru kepada penghuni rumah sementara di desa Tunggal Jaya dan Sumber Jaya kecamata Sumur. PLN akan selalu hadir untuk turut membantu dan meringankan beban yang diderita,” pungkasnya. (ger/nji)