Cegah ASN Korupsi, Pemkab Tangerang Ganti TPP Menjadi Tunjangan Kinerja

Kabupaten Tangerang – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang mengganti Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi Tunjangan Kinerja (Tukin) di tahun 2019 ini.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kesehatan dan Pemberdayaan Keluarga Bidang Sosial Budaya, Kirwan mengatakan, pemberian Tukin tersebut sesuai dengan anjuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

“Kalau kemarin Pemkab Tangerang masih memakai TPP, dan perbedaan antara Tukin dan TPP itu, kalau TPP ASN yang rajin dan malas kinerjanya tidak ketahuan jadi pemberian TPP hanya berdasarkan absensi, sementara untuk besaran Tukin benar-benar diberikan kepada ASN yang memang kinerjanya rajin,” jelasnya, Selasa (12/2/2019).

Kirwan mengatakan, pada tahun 2018, para ASN bisa mendapatkan honor dua kali lipat dari kegiatan atau undangan sebagai narasumber selain TPP. Hal tersebut pun membuat TPP ASN tidak merata dan berpotensi menimbulkan kecemburuan antar ASN.

“ASN yang dipakai banyak tim kerja sana dan sini nanti honornya banyak dan ASN yang tidak dipakai sebaliknya, sehingga menimbulkan kecemburuan. Maka dari itu kami menerapkan Tukin ditahun 2019 ini, dan TPP juga sudah tidak dianjurkan penerapannya oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat wajib mengikuti anjuran tersebut,” ungkapnya.

Terdapat dua penilaian untuk pemberian Tukin, yakni 60 persen prestasi kerja dan 40 persen realisasi kerja. Perhitungan pemberian Tukin itu, dijelaskan Kirwan, mampu mendorong para ASN untuk meningkatkan kinerja mereka.

“Pemberian Tukin semuanya ada perhitungannya sesuai dengan aturan, dan saat ini semua ASN dilingkup Pemkab Tangerang sudah mengetahui, namun hingga saat ini kami masih belum mengetahui terkait dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pemberian Tukin tersebut,”pungkasnya. (don/aul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here