Serahkan Bantuan Kepada Petani, Anggota DPR RI Ini Optimis Indonesia Jadi Lumbung Padi Asia

Bandung – Anggota Komisi IV DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal memberikan bantuan alat pertanian yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Bantuan tersebut berupa 150 unit hand tractor dan pompa serta 4 traktor roda empat kepada beberapa Gabungan Kelompok Tani Se-Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Menurutnya, bantuan tersebut salah satu upaya DPR bersama Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Asia di 2045.

“Bantuan alat pertanian ini merupakan wujud nyata dari Kementerian Pertanian yang merupakan amanat dari APBN dalam melakukan modernisasi pertanian. Sehingga komoditas pangan yang kita dambakan menjadi Lumbung Pangan Asia kedepannya dapat tercapai,” kata Cucun saat menyerahkan alat bantuan Pertanian kepada Gapoktan di Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/02/2019).

PLT Ketua Fraksi PKB di DPR RI ini mengharapkan agar Indonesia nantinya mampu melakukan ekspor Pangan ke Asia dan menjadi salah satu negara yang diperhitungkan Dunia. Untuk itu dirinya bersama komisi IV DPR RI akan selalu mensuport Program Program Kementerian Pertanian untuk mewujudkan Lumbung Pangan Asia seperti merangsang dan menciptakan generasi Petani Millenial.

“Saat ini generasi Millenial atau kaula muda terkesan malu menjadi seorang Petani, nah image itu kita harus hilangkan dan kita rangsang dengan meyakinkan bahwa menjadi petani sangat menguntungkan,” ujarnya.

Politisi PKB asal Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu mengapresiasi Kinerja dari DPR RI tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat Indonesia kembali menjadi lumbung padi Asia.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Ir. Momon Rusmono menilai, sosok Cucun Ahmad Syamsurijal merupakan sosok seseorang yang rewel dalam memperjuangakan Petani Indonesia baik dari sisi anggaran maupun dari sisi lainnya. Dirinya mengatakan bahwa bantuan alat Pertanian ke Kabupaten Bandung merupakan perjuangan Anggota Komisi IV DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

“Diadakannya bantuan dan pertemuan hari ini dalam rangka temu tekhnis petani dan penyuluh yang merupakan garda terdepan dalam pertanian dan perjuangan pak Cucun. pertemuan disini dalam rangka membangun petani lebih paham dalam dunia pertanian, yang salah satu programnya mengembangkan petani millenial,” kata Momon.

Momon Menambahkan bahwa yang disebut Petani Millenial merupakan Petani yang berusia 19-39 tahun dan Petani yang memiliki jiwa adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi dan dunia digital.

“Contoh pak Cucun jika beliau adaptif dan berjiwa millenial atau muda, maka bisa disebut sebagai petani millenial. Saat ini Kementan sedang menumbuh kembangkan dunia Pertanian agar Indonesia dapat menjadi sebuah Negara Lumbung Pangan Asia. Dimana bantuan ini tidak hanya alat dan mesin pertanian namun sarana dan prasarana lainnya seperti pemberian benih” tutupnya. (rokhim/nji)