Lakukan Iva Tes, Lima Pasien Menderita Gejala Kanker Serviks

Tangerang Selatan – Ratusan ibu – ibu se Kecamatan Ciputat Timur memadati UPT Puskesmas Pisangan. Mereka berkumpul untuk mengikuti kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetat ( Iva test) yang dilakukan secara masal, Kamis (21/2/2019).

Untuk melakukan pemeriksaan, peserta harus menjalankan pemeriksaan awal seperti pengukuran tinggi badan, berat badan dan tensi tekanan darah.

Kepala UPT Puskesmas Pisangan Enting Susilawati (53) mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten ini bertujuan untuk mencegah wanita di Tangsel agar terhindar dari kanker serviks.

“Antusias masyarakat sangat tinggi. Dari 250 kuota peserta jumlahnya membeludak jadi 280 peserta,” ucapnya.

Enting menjelaskan, kanker serviks sangat berbahaya bagi wanita, khususnya bagi yang sedang dalam kondisi subur. Mengantisipasi hal itu, sambung Enting, setiap hari jumat pihaknya rutin melaksanakan kegiatan tersebut.

” Ini sebuah inovasi dari UPT Puskesmas Pisangan. Kedepannya akan dilakukan di  kelurahan kelurahan,” tambahnya.

Data yang dihimpun, sampai saat ini belum ada pasien UPT Puskesmas Pisangan yang menderita Kanker Serviks.  Namun ada lima pasien yang mengalami gejala kanker.

Dari hasil pemeriksaan mayoriyas ibu – ibu sudah baik menjaga kebersihan organ intim kewanitaan. Ia mengharap agar wanita di Tangsel untuk lebih rajin melakukan pemeriksaan.

“Kalau bisa satu tahun sekali diperiksa. Karena itu suatu kebutuhan dan harus sadar akan keaehatannya,” pungkas mantan kepala tata usaha UPT Puskesmas Pamulang ini.

Pantauan langsung, pasien memadati areal ruang tunggu untuk melakukan pemeriksaan.Mengingan even tersebut hanya dilakukan selama satu hari. (ger/nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here