Demo Kantor KPU Lebak, Orator Desak Komisioner Tanda Tangani Pakta Integritas

Kabupaten Lebak – Organisasi Rakyat Anti Koruptor (Orator) Banten berunjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Jumat (1/3/2019).

Mereka mendesak kepada lima komisioner KPU Lebak untuk menandatangani pakta integritas yang berisi pernyataan siap menjadi penyelenggara Pemilu yang jujur dan bermartabat.

“Pakta integritas ini agar kami mempunyai dasar mengkritik bahkan melaporkan jika ada komisioner yang dalam tugasnya menyalahi aturan perundang-undangan,” kata Ketua Orator Banten, Agustian.

Namun sayang, dari lima komisioner hanya satu komisioner yang menandatangani pakta integritas yang disodorkan pengunjuk rasa. Empat komisoner lainnya sedang tidak berada di kantor KPU Lebak.

Unjuk rasa itu juga menyoroti terkait keputusan KPU RI yang menganulir calon komisioner KPU Lebak periode 2019-2024 hasil tim seleksi (timsel) yang akan disidangkan Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilihan Umum (DKPP) setelah dilaporkan.

“Keputusan KPU RI yang menganulir hasil timsel sampai sekarang tidak bisa dimengerti. Kami mendukung penuh bagaiamana nanti hasil putusan DKPP,” ujar Agus.

Sementara itu, Ketua KPU Lebak Ni’matullah yang menemui pengunjuk rasa mengatakan, pihaknya akan menunggu proses dan melihat hasilnya.

“Kita lihat saja hasilnya nanti seperti apa,” katanya.

Sebenarnya, dalam surat pemberitahuan aksi yang disampaikan Orator kepada pihak kepolisian, aksi unjuk rasa akan dilakukan di dua titik.

Selain di KPU Lebak terkait dengan keputusan KPU RI yang membatalkan hasil seleksi timsel, aksi juga akan digelar di gedung Kejari Lebak yang mendesak kejaksaan untuk segera mengusut dugaan korupsi pada dana Pilkada Lebak 2018 yang dilaporkan Ormas LMPI beberapa waktu lalu.

“Waktunya, diagendakan minggu depan,” singkatnya.(and/nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here