Petugas Pendaftaran Tanah di Lebak Diberikan Pelatihan Aplikasi Smart

Kabupaten Lebak – Badan Pertanahan Nasional (BPN) memberi pelatihan aplikasi Smart kepada petugas pendaftaran tanah di Kabupaten Lebak, Kamis (14/3/2019).

Pelatihan diikuti oleh 88 petugas dari 44 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Lebak. Kegiatan tersebut difokuskan di Kecamatan Curugbitung.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten Andi Tanri Abeng mengatakan, pelatihan tersebut merupakan pelatihan lanjutan karena sebelumnya petugas sudah diberi pemahaman penggunan Sistem Intradata Terintegrasi (Santri).

”Gini bedanya, aplikasi Santri hanya mendata masyarakat berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang merupakan pemohon pembuat sertifikat tanah. Sedangkan aplikasi Smart, sebagai data lanjutan pemohon dengan data bidangnya (tanah),” terang Andi Tanri Abeng.

Pelatihan tersebut agar para petugas memahami lebih lanjut tata cara dalam melaksanakan tugas sebagai petugas pengumpul data yuridis.

“Mereka akan mendatangi pemilik tanah dan menanyakan masyarakat yang akan membuat sertifikat tanah,” terang Tenri.

Data yang sudah di-entri di aplikasi Santri akan dimasukkan ke dalam data base. Petugas kembali ke nama yang ada di data tersebut dengan membawa aplikasi Smart sekaligus membawa formulir dan persyaratan lainnya untuk dilengkapi oleh pemohon sebagai tindak lanjut pembuatan sertifikat.

“Aplikasi ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pemohon pembuat sertifikat tanah,” jelasnya.

Pada tahun ini, ditargetkan 54.700 bidang tanah bersertifikat melalui Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).(and/aul)