Muhammadiyah Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru: Lebih Buruk dari Iblis

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yanuhar Ilyas mengutuk aksi teror yang menewaskan puluhan orang di dua masjid Selandia Baru.(ger)

Kota Tangerang – Kecaman keras terhadap aksi teror yang menewaskan 49 orang di dua masjid Selandia Baru terus diutarakan oleh berbagai pihak.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yanuhar Ilyas bahkan menilai, aksi teroris tersebut sadis, biadab dan perbuatan pelaku lebih buruk dari iblis.

“Perbuatan tersebut lebih (buruk) dari iblis. Kita sngat mengecam aksi tersebut,” kata Yanuhar, di Masjid Al Azhom Kota Tangerang , Sabtu (16/3/2019).

Yanuhar mendoakan agar para korban meninggal dunia seluruh amal perbuatannya diterima oleh Allah SWT dan menjadi syuhada serta keluarga korban diberikan ketabahan.

Pasca insiden tersebut, ia berharap Pemerintah Selandia Baru menjamin keselamatan WNI dan umat Islam, terutama dalam menjalankan ibadah.

“Saya juga minta Pemerintah Indonesia segera menyelamatkan enam warga Indonesia yang masih berada di sana. Kabarnya sudah ada tiga yang dapat diselamatkan, sedangkan yang tiga orang lainnya belum dapat ditemukan,” harapnya.

Menurutnya, penyebab terjadinnya aksi terorisme di setiap negara berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk itu, setiap negara harus dapat mencari akar dari permasalahan untuk menemukan solusinya.

“Teroris itu sudah menjadi permasalahan Internasional. Umumnya, kasus terorisme yang dilakukan dilakukan karena ketidakadilan, sedangkan yang dilakukan kemarin penyebabnya adalah idiologi rasisme,” jelas Yanuhar.(ger/and)