Surat Suara Capres-Cawapres Dihitung Lebih Dulu

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon.(ahmad)

Kota Tangerang – Pilpres dan Pileg 2019 akan dilakukan pada tanggal 17 April 2019. Ini pertama kalinya Pilpres dan Pileg digelar secara serentak.

Masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dan masuk dalam daftar pemilih akan mencoblos lima surat suara terdiri dari surat suara capres-cawapres, DPD, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota dengan warna masing-masing surat suara berbeda.

Ketua KPU Provinsi Banyen Wahyul Furqon menyebut, setelah dicoblos estimasi penghitungan lima jenis surat suara oleh PPS bisa mencapai pukul 23.00 WIB. Estimasi ini sudah disimulasikan secara di Nasional di Jogjakarta.

“Surat suara capres yang pertama dihitung kemudian DPD, DPR dan DPRD. Sejauh ini simulasi berjalan lancar,” kata Furqon, di Kota Tangerang, Sabtu malam (16/3/2019).

Baca Juga: 42 Caleg Diundang Diskusi Pembangunan di Balaraja, yang Datang Cuma Segini

Meski Pemilu 2019 dianggap unik dan dicatat paling rumit oleh Wapres Jusuf Kalla (JK) dan politisi, KPU memastikan kesiapannya menyelenggarakan hajat demokrasi tersebut.

“Kawan-kawan dari 8 KPU kota dan kabupaten masih menjalankan tahapan-tahapan Pemilu seperti sosialisasi, lomba mural dan musik untuk kalangan pemilih muda,” ujarnya.

Pemilih lansia diakui merupaka kelompok pemilih yang rentan masalah. Furqon mengungkapkan, kerap terjadi lansia keliru saat mencoblos. Misalnya, surat suara tercoblos hingga 3 kali.

“Setiap penyelenggaraan sudah kerap terjadi salah pencoblosan. Meskipun sah tetapi ada yang mencoblos dalam satu kertas suara 3 kali mencoblos. Ada yang coblos partai, orang (caleg, capres-red) atau gambar partai. Tapi kami tetap melakukan sosialisasi mengantisipasi surat suara yang tidak sah,” jelasnya.

Dia menuturkan, KPU tidak selalu bisa mengundanh banyak orang saat sosialisasi. Paling banyak dalam satu sosialisasi seperti di kampus, KPU hanya bisa mengundang 150 orang.

“Yang kami harapkan mereka yang datang bisa menyampaikan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat. Minimal memberitahukan bahwa 17 April 2019 digelar Pemilu. Tentukan pilihan dan hindari money politics,” paparnya.(ahmad/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here