Pemkot Tangerang Siapkan 1.500 Personel Linmas Jaga Keamanan dan Ketertiban Pemilu 2019

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, melalui program pembinaan dan penyuluhan, Linmas siap membantu aparat dalam menjaga kemanan Pemilu 2019.(nji)

Kota Tangerang – Program Pembinaan dan Penyuluhan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kota Tangerang yang digagas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tiba di Kecamatan Cipondoh, Rabu (20/3/2019).

Kecamatan Cipodoh merupakan titik ke 10 dari program tersebut, dan menyisakan 3 lokasi lainnya. Sesuai jadwal, program ini akan selesai pada Maret 2019

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut berpesan, program tersebut seyogianya akan menyiapkan anggota Linmas yang siap membantu aparat pemerintah dalam pengamanan wilayah pada Pemilu 2019.

“Jadi sudah tinggal hitungan hari. Semua yang hadir di sini harus waspada dan melaporkan segala isu-isu yang meresahkan masyarakat,” imbau Sachrudin.

Sebagai tempat pelaporan pertama masyarakat, Sachrudin menekankan kepada personel Linmas tentang vitalnya peran mereka di wilayah masing-masing. Bersama-sama elemen masyarakat lainnya, Linmas diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan wilayah.

1.500 personel Linmas yang akan diterjunkan diharapkan memiliki kemampuan dalam menghadapi gangguan keamanan

“Kalau ada warga, RT atau RW yang butuh bantuan, mereka bisa melapor ke Linmas.
Ayo sama-sama kita bangun kota kita dengan menjaga keamanan dan ketertiban wilayah,” tegas wakil yang juga berpesan kepada para narasumber yang berasal dari berbagai instansi terkait.agar memberikan materi yang gamblang kepada para peserta.

“Unsur dari KPU, Bawaslu, Polres, Dandim sudah pasti kaya akan pengetahuan dan pengalaman perihal pengalaman pengamanan Pilpres dan Pileg. Sudah pasti kita menggaet orang yang tepat,” tambahnya.

“Selama ini yang muncul kalau soal keamanan engga jauh dari polisi, dan tentara. Sekarang kita ajak masyarakat yang tergabung di linmas untuk sama-sama menjaga keamanan saat berpesta demokrasi,” tambahnya.

Kabid Linmas Satpol PP Kota Tangerang Wawan Fauzi menjelaskan, dengan edukasi dari penyuluhan tersebut, pihaknya optimis 1.500 personel Linmas yang akan diterjunkan memiliki kemampuan dalam menghadapi gangguan yang datang dari internal maupun eksternal.

“Semua arahan dan penyuluhan terkait keamanan jelang Pemilu sudah kita berikan, tinggal nanti bagaimana penerapannya di lapangan, kita harap dengan bekal yang dimiliki mampu menjalankan tugas dengan baik untuk ikut menjaga kondusifitas Pemilu di Kota Tangerang,” harap Wawan.(Adv)