Kota Tangerang Buka 75 Toko Berbasis Syariah

Toko berbasis syariah Z Mart dibuka di Kota Tangerang.(aul)

Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan 75 toko berbasis syariah bernama Z Mart.

Dibukanya Z Mart karena Kota Tangerang dipilih menjadi salah satu wilayah ekonomi berbasis syariah yang dimulai tahun ini hingga 2024.

“Toko ini untuk mewujudkan ekonomi masyarakat berbasis syariah. Dipilihnya Kota Tangerang (menjadi wilayah ekonomi berbasis syariah) karena penyebaran agama Islam dan kaum muslim di sini cukup besar,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Gedung Balai Kota Tangerang, Rabu (27/3/2019).

Adapun ekonomi syariah di Kota Tangerang akan menjadi pusat bisnis baik secara online ataupun komersil. Para pedagang yang hanya memiliki lapak ataupun toko kecil akan diberikan bantuan oleh pemerintah dan Baznas untuk meningkatkan nilai dagang atau transaksi mereka.

“Mau mereka berdagang secara online ataupun komersil akan kita bantu. Bantuan dari pemerintah terkait ekonomi syariah lebih ke arah fasilitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, ekonomi syariah merupakan program Baznas untuk lebih membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan secara langsung.

Dipilihnya Kota Tangerang untuk ekonomi berbasis syariah lantaran melihat perkembangan ekonomi di wilayah berjuluk 1.000 industri di samping berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta.

“Ini bantuan kita secara langsung, kalau dari laporan yang ada di Tangerang ini sampai tahum 2024 akan ada 1.000 Z mart. Dan ini, kami harap dapat terwujud,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan Baznas dan pemerintah berupa pelatihan ekonomi syariah, perbaikan toko dan juga modal dagang yang ditotal mencapai Rp20 juta per orang.

“Kita gelontorkan secara keseluruhan kurang lebih Rp1,5 miliar. Ini bisa melihat bukti nyatan mereka dapat hidup lebih baik dengan bantuan yang kita berikan, di mana mereka dapat penghasilan sendiri yang bisa naik 2 kali lipat. Program kami juga setidaknya dapat membantu sekitar 10 persen angka kemiskinan di Kota Tangerang,” kata Ketua Baznas Kota Tangerang Muhammad Aslie Elhusyairy memaparkan.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here