Pesta Demokrasi Harus Dirayakan dengan Suka Cita

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.(ger)

Kota Tangerang – Puluhan ribu massa mengikuti Karnaval Indonesia Satu yang turut dihadiri Capres-Cawapres 01 Jokowi-Ma’ruf, di Kota Tangerang, Minggu (7/4/2019).

Tak hanya memberikan hiburan kepada masyarakat, karnaval yang menampilkan keragaman budaya Indonesia menggambarkan kebhinekaan Nusantara.

Arak-arakan memulai dari Alun-Alun Kota Tangerang di Jalan Ahmad Yani dan berakhir di depan pendopo wali kota dengan dimeriahkan penampil marching band, kelompok tari topeng ireng, parade bendera merah putih, tari prajuritan, buto gedruk, tari truntung, tari kentrung, kamiaka, pesona Nusantara, perkusi, rebana, engrang, barongsai, liong, tari betawian, dan cosplay. 

Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir mengatakan, Pemilu merupakan pesta demokrasi rakyat yang penyelenggaraannya harus disambut dengan penuh suka cita.

“Karnaval Indonesia Satu merupakan refleksi, sekaligus ungkapan dari para pendukung Jokowi-Ma’ruf bahwa merayakan pesta demokrasi harus dengan penuh kegembiraan dan rasa suka cita,” kata Erick.

Dia menambahkan, pesta demokrasi harus disambut dan dirayakan dengan penuh optimisme untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Pemilu yang lima tahun sekali harus tetap menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan. Jangan malah membuat kita terpecah,” harapnya.

Kembali ke Karnaval Indonesia Satu, sepanjang rute karnaval didirikan 9 panggung yang menampilkan atraksi-atraksi khusus. Penyelenggara juga menyiapkan empat titik elemen kejutan yang menghipnotis pengunjung.

Di panggung utama dimeriahkan oleh Radja dan Kill The DJ. Tarian Gagah Merahku dan Flashmob Goyang Jempol menjadi penutup arak-arakan.

Selama acara berlangsung, petugas melakukan rekayasa arus lalu lintas. Kendaraan yang dari arah Pasar Baru, Jalan KS Tubuh diarahkan masuk ke Jalan Daan Mogot, sedangkan dari arah Jalan Buraq harus belok kiri ke Jalan Daan Mogot atau Tanah Tinggi.

Untuk kendaraan dari arah Kalideres menuju Ahmad Yani diarahkan belok kiri ke Jalan Jenderal Sudirman. Sementara itu, pengendara dari Jalan Hasyim Ashari ke arah Jalan Perintis Kemerdekaan diarahkan ke Tangerang City, dan kendaraan dari Jalan Perintis Kemerdekaan harus belok kiri ke arah Makam Tanah Gocap.(ger/and)